nhk

MotoGP: Februari 2019 Valentino Rossi Sudah 40 Tahun, “Saya Masih Kompetitif..!”

ManiakMotor – Pembalap muda selalu lebih berani ambil risiko jatuh. Mereka membalap di atas limit terus. Sakit jatuh pun mereka hanya merasakan sedikit. Yang tulang dan darah muda juga lebih cepat bugar usai jatuh.

Begitu yang dikatakan Valentino Rossi. Tapi katanya, pembalap seumuran dia yang pada 16 Februari 2019 usianya sudah 40 tahun, “Pembalap muda selalu bersemangat, sikit lebih berani. Saat Anda muda, tidak terlalu takut untuk jatuh. Ketika jatuh pun biasanya tidak terlalu sakit atau setidaknya cepat bugar. Tetapi pembalap tak kenal usia, ketika cidera pasti ingin segera kembali membalap,” jelas Rossi membandingkan pembalap senior dan yunior dalam hal usia.

Lantas dia contohkan di Moto3 dan Moto2, para pembalapnya biasanya lebih gila. Sebab, rata-rata umur mereka berusia 20 tahun yang ingin membuktikan jati diri. Malah biasanya yang paling berani dari Jepang, Malaysia dan sekitarnya. Ketika ambil risiko, limit mereka lebih tinggi. Karena mereka terbiasa dari iklim mereka membalap. Atau pembalap Inggris dan Australia,  kuat di jalur basah atau dalam kondisi ekstrem.

Ngomong-ngomong soal umurnya yang akan 40 tahun masih tetap di MotoGP, juga dia bicarakan. Katanya, selalu menjadi impiannya untuk berada di kejuaraan dunia. Namun dia tak berpikir berapa lama akan menjadi pembalap. Bahkan dia tak kepikiran di usia 40 tahun masih bagian dari kompetisi di MotoGP.

Menurutnya dengan usia begitu, jelas berbeda dengan pembalap yang muda yang nekat, “Pengalaman itu sangat penting untuk mengenal trek dengan performa mantap untuk balapan. Di usia 40 yang saya lakukan, suatu saat yang orang lain akan melakukannya juga. Yang paling penting saya masih tetap kompetitif,” katanya pada Selasa 15 Januari lalu dalam wawancara dengan Radio Deejay.

Rossi juga menyinggung keberanian Marc Márquez, karena ditanyakan reporternya. Katanya, Marquez adalah pembalap yang sangat berani ambil risiko. “Mungkin sangat banyak ambil risiko, maka dia tidak takut sama sekali. Sering crash saat mencari limit motor, benar-benar tepat. Ya umurnya masih 25 tahun,” kesan Rossi sembari menutup pembicaraan. Miolo

BAGIKAN