nhk

MotoGP FP1 2017 Brno: Zarco Ngamuk, Rossi Nyodok Ke-5, Honda Dan Ducati Fairing Baru

Zarco, FP1 Brno, MotoGP

ManiakMotor – Baterai para pembalap motogp yang sudah diisi  dalam libur sebulan, ternyata mampu membangkitkan gairah mereka. Meski awan kelam menggelantung di atas Automotodrom Brno ketika berlangsung FP1 selama 45 menit, tetap tidak mengendurkan semangat pembalap, pagi ini (4/8).

Permukaan trek sepanjang 5,403 km masih licin, namun catatan waktu tercepat silih berganti diukir Honda, Yamaha, Ducati, dan juga Aprilia. Sangat seru. Tidak ada waktu tercepat tertahan lama, paling lama pun sekitar 5 menit sudah berganti antara Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marquez, Dani Pedrosa, Aleix Espargaro, sampai Zarco.

Marquez pakai fairing baru

Meski trek basah, ada yang menarik dari FP1 ini. Honda tampil dengan fairing baru yang lebih aerodinamika. Saluran angin di bagian fairing tengah (dekat dengkul pembalap) sangat besar. Tidak disebutkan apakah RC213V besutan Marquez dan Dani juga pakai sasis baru.

Hal sama dilakukan oleh Jorge Lorenzo. Pada bagian dekat kedua tangan tertutup fairing hitam. Dan Lorenzo tampak tampil sangat pede. Beberapa kali ia jadi tercepat, meski akhirnya berada di urutan ketiga dan kalah cepat 0.120 detik sama pembalap satelit Yamaha, Johan Zarco yang mengukir 2:05.201 detik.

Tinggal 15 menit terakhir, Zarco dan rekan setim Jonnas Folger tampil berani. Mereka mampu melesat di depan dua pembmalap pabrik Yamaha, Rossi dan Vinales. Zarco sempat melejit terdepan ketika waktu masih menyisakan 10 menit. Dan, pada menit terakhir, pembalap Prancis ini memupuskan kesenangan Marquez dan Lorenzo yang harus puas kedua dan ketiga.

Kejutan dibuat duo Yamaha, Rossi dan Vinales. Ketika 25 menit pertama, keduanya masih terpuruk di urutan 15 dan 17. kedua sibuk melakukan mapping sampai dua kali. Tapi, pekerjaan itu tidak sia-sia. The Doctor mampu menyodok kelima dan Vinales di belakangnya.

Wah, kalo trek kering bakal seru. Pembalap kembali kerja keras dengan ban baru Power Slick dari Michelin. Kita tunggu. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-brno-ceko-4-agustus-6-agustus-2017-moto3-dan-moto2/

 

BAGIKAN