nhk

MotoGP: Geber M1 Sesuai Maunya, Rossi Yakin Galak di 2014

 

ManiakMotor – Betul Coy, Valentino ‘The Doctor’ pastinya lebih galak musim depan. Yamaha YZR-M1 diakuinya dibangun seusai dengan riding style-nya. Beda dengan spek 2013 yang sudah jadi kala ia kembali ke Yamaha akhir 2012.

Dalam wawancaranya dengan MotoGP.com, The Doctor bilang ia memang meminta M1 2014 lebih disesuaikan dengan gaya balapnya. Yamaha sendiri pun tengah berusaha untuk menyediakan M1 yang pas dengan Rossi sekarang. “Target kami memang begitu, meningkatkan performa motor. Kita akan lihat nanti hasilnya dan saya sendiri sudah tak sabar,” katanya.

Karena pacuan kini ikut dikembangkannya dan dibangun dengan masukannya sendiri, Rossi pun berani bidik target lebih galak 2014. Ia yakin M1 bisa mengikuti gayanya seperti diakuinya baru lalu. Berarti di luar wawancara ini, bahwa dengan kombinasi kepala mekaniknya sekarang yang bisa menset-up motor sesuai maunya bersama sirkuit.

Bila 2013 hanya berani target podium, tahun depan doski incar kemenangan, brosist. “Seperti baterai, kini saya tengah me-recharge diri untuk persiapan musim depan. Targetnya harus lebih dari tahun ini, yakni coba tarung untuk lebih banyak lagi naik podium, coba memenangi beberapa balapan, setelah itu melihat ada di posisi keberapa pada akhir musim,” katanya.

Pada kesempatan itu pula The Doctor membantah isu seputar keputusannya pensiun usai musim depan. Berita yang beredar katanya sudah dipelintir untuk memunculkan isu pensiunnya.  “Saya ingin balapan lagi untuk beberapa tahun berikutnya, tapi harus dalam kondisi yang kompetitif. Itu yang saya katakan. Itu akan terlihat tahun depan dan di situ pula akan saya putuskan pensiun atau tidak,” tegas Rossi yang dalam bincang-bincang itu mengucapkan turut belasungkawa pada keluarga Doriano Romboni yang diakuinya pernah jadi idolanya.

Sepanjang musim ini The Doctor memang nggak galak di lintasan. Hanya satu kemenangan diraih, itu pun karena Jorge Lorenzo terkendala di Assen. Sepanjang musim pula ia bermasalah pada setingan, terutama pada distribusi bobot pada M1 dan pengaruhnya pada pengereman.

Nah, untuk tahun depan, The Doctor punya peran banyak untuk membenahi berbagai bagian M1 yang akan dipacunya. Karakter motornya akan berbeda dengan Jorge Lorenzo karena kini Rossi bisa meminta apa yang ia mau. Februari nanti baru bisa dilihat bagaimana hsil sementaranya dalam tes pra musim di Sepang.

Galak atau nggak ya? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; ‘Kasus’ Rem M1 Rossi Beda Dengan M1 Lorenzo

Jadwal Asia Talent Cup, Sentul 19 Mei 2014

MotoGP 2014: Dapatkan Mekanik Stoner, Redding Makin Pede

MotoGP 2014 Ciabatti; Monggo Dovi dan Cal Saling Jegal di Ducati

MotoGP 2014: Rossi Akui Stoner Pembalap Langka, Masih Benci Tapi Rindu

 

BAGIKAN