nhk

MotoGP: Honda Dan Yamaha Akan Sibuk Geser Tenaga Ke Atas 2016

ManiakMotor – Keenakan pakai elektronik sendiri yang super canggih tentu saja mahal, Honda dan Yamaha harus repot ulang. Terutama soal kenyamanan pembalapnya melakukan pengereman pakai rem benaran atau pun engine brake. Sejurus kemudian disusul akselerasi yang dipandu kontrol traksi bersama anti wheelie. Itu  yang bikin motor pabrikan saban lap sangat konsisten. Motor mereka anteng pada semua kondisi.

Pakai elektronik seragam yang disodorkan FIM untuk 2016, pembalap pabrikan pun teriak. Masing-masing bikin komentar, tapi fokusnya pada inti tulisan di atas. “Kalau Magneti Marelli sudah bisa dipastikan saban lap tidak akan sekonsisten elektronik sebelumnya,” kata Marc Marquez saat mendalami kinerja Magneti Marelli pada RC213V versi 2016 miliknya saat test privat di Jerez, Spanyol akhir November 2015 lalu.

Itu diperkuat Wilco Zeelenberg, manajer tim Movisttar Yamaha di tim Lorenzo. Fokusnya sama saja soal tenaga bawah yang tak bisa diatur Magneti Marelli. Itu elektronik belum bisa mengimbangi tenaga yang dikirim mesin M1 ke roda dengan tenang. “Terutama dalam akselerasi,” jelas Zeelenberg yang mengakui apa yang dialami Honda juga dialami mereknya.

Dari sinilah boleh diduga-duga dengan elmu kira-kira portal ini arah pengembangan Honda dan Yamaha. Jelaslah yang dikeluhkan yang jadi fokus pada test pramusim selanjutnya yang akan berlangsung Februari 2016. Kalau cerita soal elektronik urusan Magneti Marelli yang bisa dipoles-poles. Hanya poles-poles loh seperti diceritakan para jokinya untuk didalami. Maklumlah barang baru.

Tetapi kalau soal power mesin jelas saja urusan para insinyur racing di pabrik masing-masing untuk menggeser tenaganya. Kalau di Indonesia disebut tukang korek itu, pasti akan sibuk memindahkan  karakter powernya. Karena dari cerita kesaksian dari para ‘pengeluh’ pakai Magneti Marelli kasar mengatur power pada putaran bawah.

Sebab bila diserahkan ke Magneti Marelli, kemampuannya hanya segitu. Kalee saja begitu bro. Namanya juga, elektronik pahe alias paket hemat agar tidak terjadi ketimpangan yang makin jauh tim kaya dan tim miskin di MotoGP. Masih ada juga tim miskin di MotoGP ya? Kalau tidak segera tertangani, Honda dan Yamaha akan pakai ‘motor apa adanya’ di seri-seri awal MotoGP 2016 seperti tulisan sebelumnya. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Seri Pertama Di Qatar, Honda Dan Yamaha ‘Pakai Motor Apa Adanya’

MotoGP: Marquez Podium Di Superprestigio Dirt Track Spanyol 2015

MotoGP: Marquez Cs Ikut Superprestigio Dirt Track 2015 Di Spanyol

MotoGP Jelang 2016: Poncharal Nilai Rossi Aktor Meriahnya MotoGP, Kaisarnya Balap

MotoGP Jelang 2016: Rossi Menarik Kasusnya Dari CAS, Sudah Tak Bernafsu

BAGIKAN