nhk

MotoGP Indianapolis Amerika (Jelang Race): Rossi dan Lorenzo Masih Puyeng Soal Setingan


ManiakMotor  Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sempat terang di FP3. Tapi dari empat sesi latihan Jumat 9 Agustus 2014 di sirkuit Indianapilis, Amaerika belum cukup buat para pentolan Yamaha untuk tetapkan set-up. Di sisi lain Marc Marquez tinggal menunggu kondisi cuaca.

Betul Lorenzo start front row dari posisi ketiga dari hasil Q2. Tapi, selisih waktunya yang 0,250 detik dari Marquez jelas tak bisa dibanggakan. Lorenzo memang mengeluhkan banyaknya pembalap di lintasan yang tak memungkinkannya gaspol seperti diinginkan.

Performa sejak sesi latihan, M1 miliknya wajib dikilik lagi untuk perlawanan. Apalagi, Ducati ini sudah mengalahkannya. Kesempatan menyetelnya terbuka pada sesi warm up. “Belum dipastikan penyebab problem yang ada, apakah karena kompon ban atau setingan yang kurang pas. Pada kesempatan pemanasan saya akan maksimalkan lagi penggunaaan ban berkompon keras, sepertinya itu lebih baik ketimbang ban lunak. Apapun, posisi ketiga start tentulah bagus untuk memulai balapan,” kata Lorenzo.

Soal ban ini juga melanda Rossi. Ia sudah coba semua jenis kompon yang tersedia tapi masih puyeng menetapkan pilihan untuk diajak tarung dalam balapan. Kalau di sesi sebelumnya ia lebih cenderung pakai ban belakang keras, kini sebaliknya berbalik menggunakan banlebih lunak, agar dapat grip.

Katanya, pilihan ban belakang sangat krusial, bukan hanya soal grip tapi cerita konsistensi. “Karena yang lunak maupun keras sama baiknya dan akan ditentukan jelang balapan. Sebelumnya saya merasa tak mungkin pakai ban lunak, kini malah sebaliknya karena banyak perubahan pada permukan lintasan,” ujar The Doctor yang akan bikin keputusan terakhir usai warm-up.

Seperti biasanya, Rossi tak terlalu memusingkan posisi start-nya yang di urutan 5. Yang penting, katanya, ia punya pace mumpuni sejak sesi latihan dan dalam beberapa kesempatan bisa bersaing dengan rider tercepat. “Memang sih sebagusnya start dari front row, tapi posisi lima juga oke kok,” tambah Rossi yang pastinya akan coba langsung nyodok-nyodok pembalap di depannya selepas start. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Indianapolis, Amerika, Semua Sesi & Kelas, 8, 9, 10 Agustus 2014

MotoGP 2014 Indianapolis Amerika (Q2): Marquez Tercepat Kualifikasi

MotoGP 2014 Indianapolis Amerika FP4: Marquez Tercepat Latihan Bebas Keempat

MotoGP 2014 Indianapolis Amerika FP3: Bradl Ditempel Rossi Di Latihan Bebas Ketiga

BAGIKAN