nhk

MotoGP Indianapolis (Jelang Race): Lompatan Besar Ducati, Belum Berani Bidik Podium

ManiakMotor – Mesin baru  Ducati Desmosedici GP14 berbuah manis. Berarti sudah lincah di sirkuit yang lincah seperti Indianapolis, Amerik yang dipakai ronde ke-10 MotoGP 2014. Di sesi latihan Andrea Iannone bolak-balik memepet Marc Marquez. Puncaknya saat Andrea satunya yang pakai Dovisiozo menempel Marquez di sesi Q2 sekaligus jadi runner-up.

Jarang Ducati start dari front row di sirkuit yang ‘kecil’. Kecuali di era Casey Stoner, tapi itu beda. Makanya itu layak disambut meriah, hayo tepuk tangan sodara-sodara, siapa tahu malah Ducati yang mampu menghambat juara ke-10 Marquez.

Buat Dovi sendiri itu start terbaik sejak 2010. Tapi,  Mas Dovi ini terbilang jujur Brosist! Ia akui catatan waktunya di Q2 yang spektakular itu terbantu Marquez. Waaah… Dovi ikuti MM, berlindung dari terpaan angin (slipstream) alias curi angin dari kecepatan RC213V milik MM, dan ikut tertarik sang pole sitter.

Kebtulan saat itu pula ternyata MM bikin best lap-nya. “Saya harus berterima kasih pada Marc. Tapi, secara keseluruhan motor kami memang berkembang pesat. Mulai apik di semua kondisi, baik cuaca panas maupun teduh. Termasuk sperti sirkuit Indy,” ujar Dovi yang bersama Iannone membawa mesin anyar GP14 ke Indianapolis.

Mesin besutan bos baru Lugi ‘Gigi’ Dall’Igna itu jelas sekali tampil beda di Indianapolis. Penyakit kronis understeering yang dulu bikin Valentino Rossi pusing tujuh keliling itu sudah mulai dihapus. Setidaknya dialami Dovi dan Andrea saat melibas tikungan dengan lekuk teknikal, pokoknya nurut racing line, dah. “Power-nya pas dengan geometri rangka,” terang Dovi yang punya top speed 345,2 km/jam di Q2, hanya kalah dari Stefan Bradl (LCR Honda) yang bikin 346,6. Marquez sendiri hanya 342,7 km/jam.

Meski start dari sebelah Marquez, Dovi realistis menatap balapan sesungguhnya pada Minggu (10/8) ini. Jangankan juara, berebut podium pun suatu hal berat meski bukan tak mungkin. Ia masih ragu-ragu soal kinerja ban saat balapan, apalagi ia masuk katagori Open Class yang jatah bannya berbeda dari tim pabrikan. “Kita lihat saja nanti. Yang jelas, start dari depan membantu dan harus mengatasi semua situasi,” papar rider Italia itu. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Indianapolis, Amerika, Semua Sesi & Kelas, 8, 9, 10 Agustus 2014

 

BAGIKAN