nhk

MotoGP Indonesia 2017: Kirim Propasal ke Dorna, Pemerintah RI Serius Jadi Tuan Rumah

 

 

 

ManiakMotor – Menpora Imam Nahrawi tak main-main menjadikan Indonesia tuan rumah MotoGP pda 2017. Ia sudah kirim surat resmi plus proposal kepada Dorna Sports di Madrid, Spanyol, jelang tenggat waktu 20 November.

Surat resmi atas nama Pemerintah RI itu memang diminta CEO Dorna Carmelo Ezpeleta saat mampir di Jakarta jelang GP Malaysia bulan lalu. Opa Carmelo butuh surat resmi yang menandakan keseriusan Indonesia menjadi tuan rumah balap motor dunia itu lagi setelah dua penyelenggaraan pada 1996 dan 1997.

Selanjutnya proposal itu dibawa Dorna ke FIM untuk dipelajari dan kemungkinan penetapan serial 2017. Rencananya FIM akan rapat pada 21 November. Selain itu Dorna juga butuh master plan lengkap dari Indonesia soal pagelaran GP Indonesia 2017, termasuk renovasi sirkuit Sentul dan penyiapan infrastruktur pendukungnya. “Masterplan dan semua kaitannya sudah disusun dan tinggal penyempurnaan. Yang penting, letter of intent sudah dikirim lebih dulu sebagaimana permintaan Dorna,” kata juru bicara Kemenpora Gatot S. Dewa Broto seperti dikutip Antara.

Proses selanjutnya adalah membuat perjanjian resmi anatara Indonesia dengan Dorna yang dijadwalkan sebelum 30 Januari 2016. Tentu saja pada saat itu sudah harus ada progres signifikan soal kewajiban renovasi sirkuit dan seluruh pembiayaan yang dibutuhkan.

Dorna sendiri sangat ingin kembali ke Indonesia. Selain karena antusiasme fans sangat besar, juga karena desakan pabrikan top macam Honda dan Yamaha untuk gelar balapan di Indonesia. Nah, jika seluruh persyaratan yang diminta Dorna bisa diwujudkan maka impian jadi tuan rumah bukanlah omong kosong.

Ezpeleta sudah menjamin satu slot 2017 spesial buat Indonesia, namun dengan catatan itu tadi bahwa semua persayaratan dipenuhi. So, mari ditunggu langkah selanjutnya dari negeri ini. Setidaknya sudah ada keseriusan seperti diperlihatkan Menpora dengan surat resminya. Andro

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Sayap (Winglests) Kembali Fokus Gigi Di Ducati GP16

MotoGP Jelang 2016: Suppo Mengaku Salah, Marquez Diperintahkan Tutup Mulut

MotoGP Jelang 2016: Akhirnya……Bos Honda Minta Maaf Kepada Rossi!

MotoGP Jelang 2016: Nyolong Start, Suzuki Luncurkan GSX-RR 2016 Bersama Livery-nya di EICMA Milan

MotoGP Jelang 2016: Rossi – Lorenzo Sepanggung Di Milan Motor Show, Saling Buang Muka

BAGIKAN