nhk

MotoGP Inggris 2016 Jelang FP1/FP2: Rossi Butuh Amunisi Ekstra Untuk Bungkam Marquez dan Lorenzo

ManiakMotor – Usai melakukan konferensi pers, kemarin (1/9-2016) Valentino Rossi sempat diwawancari media. Pertanyaan utama, tentu bisakah ia mengulang kemenangan tahun lalu? “Saya harus mencari sesuatu yang ekstra untuk balapan besok. Dalam kondisi kering, saya tidak begitu buruk, tapi Marquez dan Lorenzo sedikit lebih cepat dari saya. Kita harus mencoba untuk meningkatkan performa motor,” jelas Rossi.

Hingga seri 11, Rossi yang kini menduduki peringkat kedua dengan 144 angka dan berhasil menggeser posisi Lorenzo, tertinggal 53 angka atas Marc Marquez. Dengan selisih itu, Rossi pernah mengatakan sambil berkelakar bisa mengejar asal MM jika masih ada 100 balapan lagi. Terlebih tampil di sirkuit Silverstone berjarak 5,9 km, butuh amuunisi ekstra untuk melibas MM dan JL.

Keberhasilan kelahiran Urbino, Italia di Silverstone tahun lalu didukung oleh faktor cuaca alias hujan.  Bila kering, “Trek ini, secara pribadi termasuk salah satu paling sulit di musim ini. Ketika memulai karir di kelas premium ya begitu saja. Pada 2010 saya tidak bisa balap di sini karena cedera jatuh di Mugello,” kenang Rossi. Kemudian, bersama Ducati dua tahun, dirinya sangat lambat. “Jadi, feeling saya dengan trek ini tidak fantastik,” lanjutnya.

Menghadapi lomba nanti, Rossi dengan Yamaha M1 akan bekerja ekstra. Kan menggunakan sasis dan lengan ayun (swingarm) yang masih dicoba ulang di FP1 hari ini atau Jumat 2 September. Memang sih saat test di Brno dianggap sudah oke. Tapi kan, kan, Borno dan Silverstone berbeda. Tempatnya saja beda kok. Makanya bersama tim coba memahami bagian terkecil dari trek dan kuat di semua bagian.

Diakuinya, belakangan ini ia cukup kuat tampil di trek basah, meski semua pembalap lebih berharap kering. “Kami akan konsentrasi seperti di dua balapan terakhir. Kita harus tampil maksimal, tapi tanpa membuat kesalahan,” tegas Rossi yang di sisa balapan ini tampil dengan pikiran lebih terbuka dan tenang setelah mengalami kecelakaan di Austin dan Assen.

Begitu juga setelah mengalami jebol mesin saat balapan di rumah sendiri (Mugelo), “Anda dengan mudahnya membuat kesalahan. Makanya, di Silverstone coba tampil tenang dan mendapatkan yang ekstra,” tutup Rossi. Rezki

BACA JUGA

MotoGP Silverstone 2016 Jelang FP1/FP2: Jabat Erat, Salaman Rossi Dan Marquez, Artinya?

Motogp Inggris 2016 Jelang FP1: Lorenzo Canangkan Silverstone Awal Kebangkitannya

MotoGP Inggris 2016 Jelang FP1: Rossi Punya 3 Modal Kuat Untuk Kembali Finish Depan Marquez

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Marquez Akan Merenggangkan Poin Sama Rossi, Cuaca Sudah Diantisipasi

Motogp Inggris 2016 Jelang : Waduh, Honda Hanya Andalkan Marquez, Ada Apa Dengan Pedrosa

BAGIKAN