nhk

MotoGP Inggris 2016 Jelang FP1: Rossi Punya 3 Modal Kuat Untuk Kembali Finish Depan Marquez

ManiakMotor – Datang ke trek Silverstone untuk menjalankan balapan seri 12, pekan ini (4/9) Valentino Rossi punya ambisi yang didukung dua kekuatan. Ambisinya, kembali di depan pemimpin klasemen sementara Marc Marquez untuk ketiga kali berturut-turut. Hanya, khusus di lintasan berjarak 5,9 ini diharapkan bisa meninggalkan pembalap Honda itu lebih jauh. Sehingga bisa memangkas klasemen lebih tebal, bukan tipis seperti dua seri lalu.

Modal kuat amunisi ambisi The Doctor adalah ia pemenang tahun lalu. Pokoknya, kemenangannya itu sangat menyenangkan dan penuh keindahan. Bayangkan, saat kualifikasi dalam kondisi kering ia kalah cepat 0,7 detik dengnan Marc Marquez yang mengukir rekor pole dengan 2:00.234 detik. Namun, saat balapan dalam kondisi trek licin akibat hujan, Rossi bisa menyingkirkan dua pesaing dari senegaranya, Danilo Petruccci dan Doviozioso yang menunggang Ducati.

Sanjungan dari Rossi pun menguap. “Banyak yang saya suka dari Silverstone. Itu trek sangat menyenangkan, tapi juga sangat menuntut. Saya memiliki kenangan yang bagus dari Silverstone,” bilang VR. Ditegaskannya, tahun lalu ia menang dengan sangat luar biasa dalam kondisi sulit.

Tahun ini kering dan basah sama saja. Saat kering, Yamaha M1 miliknya sesuai tipikal Silverstone yang cepat.   Kalau pun balapan besok kondisinya sama dengan tahun lalu, yakni hujan, ada yang membedakannya. Terutama pada ban, tahun lalu Yamaha M1 diperkuat ban Bridgestone, sekarang Michelin. Ketika di Brno, Ceko Rossi, sempat bingung menentukan pilihan ban lantaran waktu tidak cukup untuk menjajalnya.

Nah, di Inggris, perusahaan ban asal Perancis itu membawa kompon basah yang baru lagi, medium. Tentu, ini akan membingungkan pembalap, terlebih bila kondisi cuaca sama seperti tahun lalu. Mulai dari sesi latihan resmi sampai kualifikasi kondisi trek kering dan hujan saat lomba. Tentu, pemmbalap tidak punya kesempatan merasakan gigitan kompon medium di trek licin. Kan ban baru, sama barunya dengan Michelin yang enam tahun hilang dan muncul lagi tahun ini.

Sebagai pembalap paling berpengalaman, Rossi tentu sudah punya solusi. Paling tidak, perasaan dan hati lagi senang. Ditambah, dirinya sangat menyukai trek Silverstone. Ini berupa dukungan kedua untuk meninggalkan Marquez saat lomba. “Saya suka Silverstone, sirkuit ini sangat panjang dan banyak perubahan arah dengan kecepatan tinggi. Ini penting untuk menemukan setelan sempurna,” paparnya.

Dukungan ketiga, Rossi akan memakai sasis dan lengan ayun (swingarm) baru di Silverstone. Perangkat ini sudah dijajal dalam program tes sehari di Automotodrom Brno, satu hari usai lomba. Bahkan usai tes, ia minta segera dipasangkan pada motor balapnya. Tapi sasis itu kudu dicoba lagi mulai FP1 pada Jumat 2 September 2016.

Tak cuma itu, Direktur tim Rossi, Massimo Meregalli membocorkan kabar kalau ada beberapa bagian lain dari motor Rossi juga baru. “Kami yakin Rossi dan Yamahanya akan sangat kompetitif karena kita menggunakan beberapa item baru. itu sudah terbukti performa motor meningkat,” tutup Massimo. Rezki

BACA JUGA

MotoGP Silverstone 2016 (Jelang): Buat Rossi Apa Pun Bisa Jadi Peluang

Motogp Inggris 2016 Jelang : Waduh, Honda Hanya Andalkan Marquez, Ada Apa Dengan Pedrosa

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Marquez Akan Merenggangkan Poin Sama Rossi, Cuaca Sudah Diantisipasi

MotoGP Silverstone 2016 Jelang: Banyak Pilihan Ban, Silakan Adu Strategi Kompon Di Inggris

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Alex Lowes Gantikan Smith di Silverstone dan Misano

BAGIKAN