nhk

MotoGP Inggris 2016 Jelang FP3/FP4: Lorenzo Jaga Kecepatan Konstan, Demi Satu Ini

ManiakMotor – Motogp Inggris yang dicanangkan Jorge Lorenzo sebagai awal kebangkitan untuk mengejar ketertinggalan atas Rossi dan Marquez, mulai tampak setelah menjalankan FP 1 dan 2 di sirkuit Silverstone, kemarin (2/9). Ia paling cepat dengan kedua seterunya (Marquez dan Rossi), meski yang tercepat menjadi milik Maverick Vinales (FP1) dan Andrea Iannone (FP2)

Dari dua kali latihan dengan suhu udara yang berbeda, tapi lintasan kering, pembalap Spanyol itu sudah memprediksi terhadap catatan waktu dan kinerja ban. Diperkirakannya, pada lap-lap awal waktu tempuh bermain di 2:01 atau terendah 2:02, tapi setelah itu berada di 2:03.

“Sulit untuk menjaga kecepatan yang konstan. Dengan ban baru, kita bisa melesat lebih cepat daripada ban belakang yang butuh beberapa lap,” kata juara MotoGP Inggris 3 kali ini. Jadi, lanjutnya, penting di sini untuk mengatur irama balap secara konstan agar tingkat keausan ban terjaga.

Lorenzo mengambil contoh Iannone. Pembalap Ducati itu sangat cepat dengan ban barunya. Tapi, ketika pakai ban lama atau yang baru menempuh beberapa lap, hasilnya sama dengan lima atau 10 pembalap top. Ketika di FP1 dan FP2 kemarin, Lorenzo tidak mengitari trek terlalu banyak karena takut beda sama saat balapan.

Ketika ditanya, soal hujan saat balapan? Lorenzo mengaku tidak bisa mengendalikan cuaca. Dirinya lebih suka trek kering. Pasalnya, performa motor saat balap di trek basah yang sudah-sudah, teramat buruk.

Saat balapan nanti, ia tidak pakai sasis dan lengan ayun baru seperti Rossi. “Langkah saya mencoba sesuatu, terutama untuk meningkatkan balik dari motor dan kami coba itu,” sebut Lorenzo. Hasilnya, di dua sesi latihan kemarin ia masih tercepat di antara Marques dan Rossi. Rezki

BACA JUGA

Motogp Inggris 2016 Jelang FP3/FP4: Rossi Acung Jempol Sasis Baru, Ragu Sama Lengan Ayun

MotoGP Silverstone 2016 FP2: Iannone Tercepat, Vinales, Cal Dan Ke-6 Rossi

MotoGP Silverstone 2016 FP1: Marquez Jatuh, Vinales Tercepat, Rossi Keempat

Motogp Inggris 2016 Jelang FP1: Lorenzo Canangkan Silverstone Awal Kebangkitannya

BAGIKAN