nhk

Motogp Inggris 2016 Jelang FP3/FP4: Rossi Acung Jempol Sasis Baru, Ragu Sama Lengan Ayun

ManiakMotor – Masuk tikungan motor lebih tajam, gerakannya juga kepegang, liarnya terukur deh. Tetapi ada yang masih kurang enak dirasakan Valentino Rossi pada latihan bebas MotoGP Inggris hari pertama, Jumat 2 September 2016 di sirkuit Silverstone. Rossi ke-4 di FP1 dan ke-6 FP2, dia masih berada di belakang Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Katanya sih saat itu, Yamaha M1 yang dikebutnya sudah pakai sasis dan lengan ayun (swingarm) baru. Padahal dari rencana hanya FP2 yang digunakan coba-coba belulang baru tersebut.

Itu tadi, rangka yang telah dijajal di trek Brno, Ceko diacungi jempol oleh The Doctor. “Kurang lebih saya punya perasaan yang sama,” ujarnya. Sasis baru ini sangat membantunya pada pengereman masuk tikungan. Juga kala melintasi lintasan bumps (bergelombang) dibarengi dengan rem serta turning. “Hanya butuh modifikasi kecil, tapi memberi keuntungan pada bagian depan,” sebutnya.

Mengenai lengan ayun, dikatakannya dirinya penuh dengan keraguan. “Saya tidak merasa ada perbaikan besar, jadi tidak tahu apakah akan dipakai besok (hari ini),” tandasnya tanpa sebut gejala lengan ayun yang meragukan tersebut. Maklum lengan ayun ini sangat berhubungan dengan akselerasi. Di situ peran lengan yang satu kesatuan dengan monosok mengelola tenaga akselerasinya. Di tikungan cepat juga dibutuhkan dorongan motor yang lengan ayun juga berperan.

Sedang yang diceritakan Rossi hanya soal deselerasi seperti masuk tikungan tadi. Diakuinya, menjajal sesuatu yang baru, meski sudah dicoba, meningkatkan kesibukannya pada latihan bebas hari pertama. Beruntung berlangsung kering.

Tapi, cuaca dingin dan kotornya permukaan trek berjarak 5,9 km saat FP1 dikeluhkan Rossi. Katanya daya cengkeram kedua roda tidak maksimal. Sehingga dirinya tidak berani mengembangkan kecepatan maksimum. “Ini membuat segalanya lebih sulit. Beruntung di FP2 kondisi betul-betul kering, sehingga punya kesempatan untuk mencoba. Namun, jelang akhir latihan, saya coba ban lembut. Catatan waktu memang lebih baik, tapi belum tahu apakah bisa diandalkan untuk balapan,” tutup Rossi. Rezki

BACA JUGA

MotoGP Silverstone 2016 FP2: Iannone Tercepat, Vinales, Cal Dan Ke-6 Rossi

MotoGP Silverstone 2016 FP1: Marquez Jatuh, Vinales Tercepat, Rossi Keempat

MotoGP Inggris 2016 Jelang FP1/FP2: Rossi Butuh Amunisi Ekstra Untuk Bungkam Marquez dan Lorenzo

Motogp Inggris 2016 Jelang FP1: Lorenzo Canangkan Silverstone Awal Kebangkitannya

BAGIKAN