nhk

MotoGP Inggris 2016 Jelang :Michelin Bela Diri, Bawa Kompon Medium Basah di Inggris

ManiakMotor – Michelin sadar akan nasib beberapa pembalap yang mengalami masalah dengan ban depan saat balap di MotoGP Brno, Ahad lalu (21/8). Ban depan motor Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone tidak bisa menahan panas disebabkan aspal mulai mengering. Akibatnya, karet terlepas, ada yang kecil bahkan Iannone le ih parah.

Kritik pedas dari pembalap pun mengalir ke Michelin. Produsen ban Perancis itu akan membawa ban basah kompon medium ke sirkuit Silverstone yang menjadi seri-12 MotoGP Inggris (4/9). Adanya antisipasi ini, kemungkin lintasan akan licin akibat guyuran hujan.

Michelin menyadari akan kekesalahan para pembalap. Tapi, kesalahan itu bukan pada ban semata. Karena, pembalap yang memutuskan pakai ban kompon lembut depan. “Saat pemanasan (warm up) memang ban bekerja baik, namun bukan ide yang baik pakai ban lunak yang belum diuji sebelumnya. Apalagi aspal jalur balap mulai mengering,” bela Piero Taramasso dari Michelin.

Terkelupasnya karet, lanjut Piero, pada titik-titik pengereman di tikungan sudah mengering. Ini yang membuat karet ban lepas dari kerangkanya. Sementara Dovizioso yang bagian tengah ban depan terkelupas menyarankan agar Michelin bawa jenis intermediate. “Di Brno itu ada dua pilihan ban hujan, tapi terlalu jauh antara yang satu dengan lainnya,” sebut Dovi.

“Kita berharap di sana (Silverstone) lebih dingin. Kita tetap tidak tahu apakah hanya meembawa ban lunak dan medium atau ketiga. Tapi yang pasti kami membawa medium,” tutup Piero. Rezki

BACA JUGA

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Marquez Jajal Ban 2017 dan Sasis Baru, Puas Dengan Kondisi RC213V

Robbie Maddison Hobi Menantang Maut Dengan Motor

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Tes di Brno, Lorenzo Tidak Dikasih Sasis Baru. Ini Alasannya

Rossi Akan Diadu Cepat Sama Motobot, Robot Bikinan Yamaha, Pakai Yamaha R1

BAGIKAN