nhk

MotoGP Inggris 2016 Jelang Misano: Cal Yang Cepat di Silverstone Atau Motornya? Ya Dua-Duanya

ManiakMotor – Cal Crutchlow memang pembalap cepat di Silverstone. Ya kan, kan dia sejak anak-anak kenal dengan sirkuit tersebut. Dia punya kunci Inggris yang bisa membuka semua yang ‘membaut’ jalur Silverstone. Maksudnya dia orang Inggris yang tahu gembok Silverstone seperti race lalu dia berlaga sebagai home race.

Akan tetapi, Crutchlow  ndak bisa bikin apa-apa kalau murni pakai motor satelit Honda yang kamu tahu kualitasnya. Apalagi di saat kering. Tapi saat lomba kemarin dari segi penguasan sirkuit dan terutama motor, dia mampu. Ya tunggangannya jadi andalannya. Sanggup mengatasi motor pabrikan Honda yang dikebut pembalap pabriknya. Dari segi akselerasi, top speed sampai manuver sama saja tuh dengan papan atas.

Ada yang aneh? Dan anehnya Crutchlow sendiri heran dengan performa motor milik LCR Honda itu. Atau dia pura-pura supaya Dani Pedrosa yang naik motor pabrikan nggak ikut ngiri. Termasuk Marquez yang susah payah mengejarnya malah sampai membuat kesalahan menyenggol dengkul Crutchlow berebut kedua. “Saya tidak tahu, kenapa motor saya tiba-tiba bisa didorong sampai batas maksimal. Ini motor jauh lebih baik dari yang saya gunakan sejak awal tahun. Apalagi di saat kering,” heran Crutchlow yang juga menang di ronde 11 sebelum GP Inggris.

Namun hari Jumat, Crutchlow sempat kelepasan bicara. Bahwa dia diberi sasis baru oleh HRC. Sasis itu pun mungkin yang belum sempat dicoba oleh dua pembalap pabriknya. Saat itu pun, Crutchlow hanya bilang diberi untuk disuruh coba. Ya dia jadi kelincinya. Tapi HRC tentu sudah berpikir jauh yang diberikan bukan untuk merugikan?

Sasis inilah yang ditenggarai mampu membawa mesin RC213V-nya LCR Honda. Seluruh power yang ada pada mesin tersebut bisa disalurkan ke lintasan. Nggak ada gejala getar dan liar di lintasan yang sering membuat pembalap satelit kudu menutup gas saat melarikannya ke batas maksimal. Singkatnya sama anteng dan antep dengan RC213V Marquez.

Paling utama lagi itu sasis bisa mengawetkan ban pilihan Crutchlow dalam 20 lap. Faktanya sampai finish malah dia boleh mengatasi dua pemain papan atas sekaligus, Marquez dan Valentino Rossi.  “Semoga performa motor ini tak berubah sampai Misano, minggu ini,” harap Crutchlow.

Amin deh. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Inggris (Race): Lorenzo Andalkan Strategi Kuno, Kalah dan Menyerah di Klasemen

MotoGP Inggris 2016 (Pasca Race): Salah Pilih Ban, Marquez Tak Merasa Kalah Dari Rossi

MotoGP 2016 Inggris (Pasca Race): Vinales Dintungkan Putaran Menengah Sikit Ke Atas GSX-RR

MotoGP Inggris 2016 (Pasca Race): Marquez Main Keras, Rossi Justru Suka dan Ngeledek Makasih

MotoGP Silverstone 2016 Race: Hebat, Vinales Juara Dengan Suzuki, Cal ke-2 Dan Rossi Ke-3         

BAGIKAN