nhk

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Pembuktian Kedua Cal di Hujan, Rossi, Lorenzo, dan Marquez Paham Karakter Ban

 

ManiakMotor – Cal Crutchlow baru saja mengurangi sedikit dahaga penggemar motogp di negerinya Inggris dengan meraih kemenangan seri-11 di Brno, Ceko, dua pekan lalu. Pertanyaannya, mampukah ia menyejukkan tenggorokan pendukungnya dengan kembali memenangkan lomba di rumah sendiri di sirkuit Silverstone, pekan ini (3-4/9).

 

Euforia Cal masih belum susut. Boleh jadi, itu sebagai modal utama untuk menorehkan kemenangan kedua dalam karir, juga buat pendukung. Ia sangat berharap, saat lomba nanti kondisi sama seperti tahun lalu, hujan. Kala itu, balapan dimenangkan oleh Valentino Rossi dan Cal sendiri tersungkur di lap 4.

Ada yang dilupakan oleh Cal bahwa Silverstone bukan Brno. Tipikal trek di Inggris berjarak 5,091 km itu flat dan bernafas cepat. Sehingga, kecil peluang buat tim-tim satelit seperti LCR Honda yang dihuni Cal, Yamaha Tech3 atau Aspar Ducati bisa mengimbangi tim pabrikan. Lebih keteter jika permukaan lintasan kering.

Kalaupun Cal menang di Brno bisa dibilang keberuntungan lantaran para pembalap belum memahami karakter ban basah Michelin sebagai pemasok tunggal. Kala itu, Rossi memilih kombonasi kompon lunak (depan)/keras (belakang) karena tidak berani seperti Cal. Sedang Lorenzo salah komunikasi dengan kepala kru, sehingga harus dua kali masuk pit ganti motor.

Marc Marquez yang mengenakan kompon lunak/lunak bisa finish ketiga. Artinya, ada progres dalam penampilan dan kematangannya menjinakkan tenaga RC213V. Ini modal kuat untuk tidak mengulang kejadian tahun lalu di Silverstone yang terjatuh di lap 12.

Nah, dari penmgalaman di Brno, tentu para pembalap tim pabrikan sudah mengetahui karakter ban Michelin. Karena di Brno juga ada tikungan cepat yang bisa jadi acuan untuk di Silverstone. Apalagi di Silverstone, pabrikan ban Perancis ini akan membawa ban basah medium. Semoga tidak membingungkan pembalap. Yang pasti, berat buat Cal bisa mengulang prestasinya seperti di Brno. Rezki

BACA JUGA

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Dikemas Mewah, Peringati 40Th Juara Dunia Pembalap Inggris

MotoGP Silverstone 2016: Lorenzo, Tolak Sasis Baru Semata Gaya Telah Menyatu

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Marquez Biarkan Honda Wheelie, Daripada ….. 

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Lorenzo Mulai Paham Karakter Ban Basah Michelin, Siap Libas Rossi

BAGIKAN