nhk

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Rossi Kibarkan Bendera Putih Terhadap Marquez, Fokusnya Lorenzo

ManiakMotor – Valentino Rossi sudah mengibarkan ‘bendera putih’ untuk perburuan gelar juara dunia motogp 2016. Jujur diakuinya, sangat sulit mengejar Marquez (Marc) dengan selisih 53 angka di sisa 7 balapan. Kecuali pembalap Honda itu membuat kesalahan fatal di tiga balapan. Namun sangat tidak mungkin lantaran Marquez sudah tahu gelagat, dia lebih matang.  Kini, The Doctor mengincar posisi runner up paling realistis di sisa musim motogp.

Ketika ditanya dirinya masih berpeluang menggondol juara dunia, Rossi menjawab tegas; “Tidak. Saya terlalu banyak membuat kesalahan dan nasib sedikit buruk. Saya sudah terlalu jauh.” Diakuinya, Marquez tidak hanya cepat di semua kondisi, tapi juga membuat pilihan yang tepat. Apalagi sekarang ia bisa menjaga emosi, ya sulitlah.

Sebagai gambaran saja, dua ronde pembuka paruh musim, Rossi memang bisa mengalahkan Marquez. Tapi silakan hitung, hanya 6 angka yang bisa dipangkas dalam dua laga tersebut. Rossi hanya bisa menang tipis-tipis, karena strategi Marquez yang nggak ‘sengawur’ tahun lalu. 

Sekarang, Rossi harus bersaing dengan rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Rossi sudah mengantongi 144 angka dari hasil tambahan 20 angka di Brno dan menggeser rekannya jadi ketiga lantaran tidak mendapat angka. Rossi pun sudah pasang target agar bisa terus bertahan di depan JL, sekaligus membuktikan kepada Yamaha sebagai yang terbaik di antara pembalap garputala.

Menurut Rossi, persaingan posisi kedua sama JL sangat terbuka. Selisih angka tipis jadi penting untuk bersaing sampai akhir musim. Udah seperti pertarungan merebut gelar tahun lalu. Ketika itu Lorenzo dibantu oleh Marquez untuk mengganggu Rossi. Tapi, tahun ini bantuan itu sulit terulang mengingat MM pun memburu gelar mahkota juara.

Di pihak lain, Lorenzo yang diberi tahu target Rossi dijawab secara diplomatis. “Saya sudah tidak mikir tentang kejuaraan. Saya hanya berpikir bagaimana mambalap sebaik mungkin dengan mendapat hasil yang terbaik pula. Setelah balapan baru melirik klasemen.” Mengalahkan Italia (maksudnya, Rossi) hingga musim berakhir, katanya begitu penting. Apalagi ini tahun terakhir bersama Yamaha.

Tapi soal bendera putih Rossi terhadap Marquez, juga perlu dilihat selanjutnya. Rezki 

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Brno 2016: Lorenzo Jeblok Karena Kepala Kru Salah Mengerti

MotoGP 2016 Ceko (Race): Ngudek Marquez 53 Poin, Rossi Santai Beibeh

MotoGP Brno 2016: Rossi Sempat Diskusi Sama Michelin, Hanya Tidak Seberani Cal Crutchlow

BAGIKAN