nhk

MotoGP Inggris 2016 (Pasca Race): Salah Pilih Ban, Marquez Tak Merasa Kalah Dari Rossi

ManiakMotor – Memang belum kalah sih dan tetap menang banyak di klasemen sementara.  Over confident alias kelewat pede, lagi-lagi jadi bumerang dalam penampilan Marc Marquez. Finish podium di Silverstone akhirnya terbuang hanya karena dengkul. Dengkul sungguhan, bukan otak yang di dengkul!

Rasa pede MM sudah tersembul sebelum balapan saat ia memprediksi bisa raih kemenangan meskipun start dari P5 usai sesi kualifikasi. Potensi itu langsung ia perlihatkan sejak lap awal. Tapi, masuk lap ke-5, ia mulai merasa tak nyaman dengan roda depan. Sadar sudah salah memilih ban berkompon lembut, sementara VR, CC, dan MV pakai ban depan berkompon keras.

Itu pilihan MM sendiri meskipun timnya merekomendasikan ban keras karena main di lintasan kering. Untuk mengatasinya, MM pun keluarkan teknik dirt track-nya dengan menggunakan lengan dan dengkulnya untuk menjaga roda depan tetap di jalurnya. Belakangan roda belakang juga ikut bermasalah. “Tapi, meski salah pilih ban dan bermasalah saat race, nyatanya saya mampu mengimbangi Valentino. Kemudian termotivasi mengalahkannya karena ia adalah lawan terdekat di klasemen kejuaraan. Saat itu mungkin saya bertarung terlampau keras,” ujar MM yang sebetulnya sudah terlihat sulit dikejar Rossi di dua lap akhir.

Rupanya MM ingin hasil lebih. Ia sangat percaya diri untuk menaklukkan Crutchlow yang naik RC213V tim satelit. Ia ingin rebut posisi runner up demi keuntungan poin lebih dari Rossi. Ia tekan CC sedemikian rupa. Termasuk upaya melibas rider LCR Honda itu dari sisi dalam, yang ironisnya bertepatan dengan CC membuka dengkul di awal tikungan.  

Gara-gara kesenggol dengkul itu, RC213V milik MM goyang keluar lintasan dan seketika posisinya diambil alih Rossi. “Saya lakukan beberapa kesalahan, tapi semuanya jadi pelajaran ke depan. Karena jadi pelajaran, hasilnya pun tak membuat saya menyesal.Terlebih karena hanya kehilangan 3 angka pada Valentino,” katanya yang sudah dihitung sebelunya bila dia persis di belakang Rossi sampai seri selesai, tetap dia yang juara 2016. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

MotoGP 2016 Inggris (Pasca Race): Vinales Dintungkan Putaran Menengah Sikit Ke Atas GSX-RR

MotoGP Inggris 2016 (Pasca Race): Marquez Main Keras, Rossi Justru Suka dan Ngeledek Makasih

MotoGP Silverstone 2016 Race: Hebat, Vinales Juara Dengan Suzuki, Cal ke-2 Dan Rossi Ke-3

BAGIKAN