nhk

MotoGP Inggris 2019: Rossi Kembali Bilang, Dia Suka Silverstone, Punya Kans

ManiakMotor – Sebelumnya ditulis secara teknis Valentino Rossi akan punya kans di sirkuit Silverstone, Inggris untuk ronde 12 MotoGP yang berlangsung 23 – 25 Agustus 2019. Rabu 21 Agustus 2019, Rossi sendiri bilang, cinta pada sirkuit tersebut. Kendati prestasi Rossi sendiri lebih cemerlang di Donington Park, sirkuit di Inggris sebelum Silverstone. Di Donington, Rossi 9 kali juara. Di Silverstone Rossi baru sekali juara pada 2015 saat balapan basah.

I love Silverstone. Sirkuit ini bagian dari lima trek favorit saya,” sebut Rossi sembari memberi alasan bahwa Silverstone adalah trek klasik yang punya lay-out gaya lama alias jadul. “Lintasannya  panjang. Membalap di sini seperti melakukan perjalanan jauh dari sudut ke sudut yang  bersifat teknis. Sirkuit ini komplet dengan hambatannya,” beber Rossi yang dari hasil ke-4 di MotoG Austria kembali masuk ke-5 klasemen dan memimpin sesama  penunggang Yamaha M1.

Rossi punya memori yang cantik tentang Silverstone. Maklum, dalam 7 kali MotoGP dipentas di situ, Rossi empat kali podium dan sekali juara tadi. Tapi bagi Rossi, semua angan-angannya soal Silverstone tergantung pada cuaca. Katanya, ngebut di Silverstone dengan cuaca yang tidak normal akan sangat sulit. Karena lintasannya kategori sangat cepat. Dia lebih suka andai cuaca seperti MotoGP 2017 yang cerah.

Buat Rossi untuk menjadi kencang di Silverstone, feeling harus mantap dengan motor, “Dan itu kuncinya pada set-up motor agar membuat sangat stabil. Bahkan, motor masih menikung cepat di tikungan hairpins (tusuk konde). Dan vbanyak lagi tikungan-tikungan cepat di mana M1 selalu cepat,” tutur Rossi sembari berdoa jangan sampai cuaca seperti tahun lalu yang bikin gagal MotoGP mentas di Silverstone.
Di saat sama, Rossi juga memuji renovasi aspal Silverstone, terutama untuk perbaikan drainase alias saluran air. “Sepertinya mereka melakukan pekerjaan dengan baik. Aspal baru yang tentu menawarkan cengkeraman yang lebih baik. Juga sudah lebih mulus. Jadi mari kita coba sejak Jumat,” tutup Rossi.
Ya semangat. Miolo
BACA JUGA

 

BAGIKAN