nhk

MotoGP Italia 2013 Menuju FP3; Yamaha Buka Peluang (Kering), Tunggu Perkembangan Lawan Di Mugello

 

ManiakMotor – Kering dan basah pada free practice 1 dan 2 di hari pembuka ronde 5 MotoGP 2013. Kedua sesi ini di sirkuit Mugello, Italia,  31 Mei 2013. Lntasan basah di FP1, Honda lewat Marc Marquez yang teratas. Sayang si Marc kembali jumpalitan di FP2 dan membuatnya sempat dirawat. Saat basah itu kedua pembalap Yamaha Factory Racing,  Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di dasar hasil lomba, ke-19 dan 17.

Tetapi FP2 yang kering, Yamaha menggebrak sejak awal sesi FP2 dibuka. Diawali Rossi yang catatan awalnya sudah 1 menit 49.236 detik dan terus dipersingkat sampai finish 1 menit 48.375 detik oleh Lorenzo. Lho, ngomongin Rossi tiba-tiba jadi Lorenzo? Ya, iyalah bro, saat detik-detik terakhir FP2 catatan Rossi yang 48.409 detik dipersingkat Lorenzo. Ini sudah ada di tulisan sebelumnya.

Walau baru hari pertama dengan kondisi trek belum lengket-lengket amat, itulah hasilnya. Peluang telah dibuka Yamaha. Dengan tingkat grip hari pembuka di FP2, catatan Lorenzo dan Rossi yang sejak awal sesi saling mengalahkan,  tercepat dalam kondisi saat itu. Buktinya tidak ada yang melampui, terutama Honda. Coba saja kalau lombanya saat itu juga, kan sama-sama tidak mendapat grip yang lebih baik. Artinya Yamaha di atas angin.

Belum ada penjelasan sampai tulisan ini diketik yang diutak-atik pada M1. Jika bicara Rossi dalam lintasan kering, ia menutupi set-up M1 dengan pengetahuan dan jam terbangnya terhadap sirkuit Mugello. Sirkuit di negaranya sendiri. Sirkuit yang 7 kali tanpa putus pernah dijuarainya. “Kering oke. Sejak awal sesi FP2 saya sudah mendapat kecepatan. Tetap harus waspada, karena lawan pasti akan memperbaiki ketinggalan mereka,” kata Rossi dengan singkat, tapi ia senang dengan hasil ini karena ada tiga M1 berurutan.

Sedang Lorenzo lebih realistis. Ia akan menunggu perkembangan yang dilakukan musuhnya. Ya siapa lagi bila bukan Honda. “Sesi pagi (FP1) hujan, kami tidak memaksa keluar dan cukup mencari beberapa penyesuaian. Sorenya baru tancap gas. Ternyata sejak sesi dibuka kami di depan. Tetapi kami harus menunggu yang akan dilakukan lawan di sesi FP3,” jelas Lorenzo. 

Dalam sesi FP2, Yamaha lumayan konstan dalam catatan 1 menit 48 detik. Sekitar 20 lap akumulasi catatan itu yang dicapai Lorenzo dan Rossi. Bandingkan dengan Dani Pedrosa (Honda) untuk sementara hanya dua kali mencetak 1 menit 49 detik di FP2. Disebut sementara, masih ada sesi lanjutan. Juga Pedrosa, tahun lalu pernah berlari 1 menit 47 detik di sini, ya di muke lo, becanda brosist, Mugello maksudnya.

Singkatnya, Yamaha di FP2 berhasil menguasai salah satu sesi yang biasanya masih diisi Honda atau disikat semua. Sebab posisi ketiga juga Yamaha bro, itu dia Cal Crutchlow. Penguasaan sesi ini, pasti akan menaikkan mental buat tim dan pembalapnya. Biasanya semangat akan meningkat. Apalagi Rossi yang tampil di depan publiknya.  

Nah ini, hasil itu baru hari pembuka yang menuju hari kedua yang telah menunggu FP3 dan qualifying Sabtu, 1 Juni 2013. Paling utama lagi lomba dan ketika bendera finish dikibarkan. Ya sudah, tunggu saja hasil FP3 dan qualifying. Besok lagi atau Minggu adalah lombanya. Jangan ke mana-mana ya.  Ito    

BERITA TERKAIT

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Kelas Dan Sesi, 31 Mei – 2 Juni 2013

MotoGP 2013 Mugello Italia FP1: Marquez Tercepat, Ducati Spek Baru Ruarrr Biasa!

MotoGP 2103 Mugello (Jelang): Duel Versus Capirossi, Kenangan Termanis Valentino Rossi

MotoGP 2013 Italia Mugello (Jelang); Melacak Girboks SSG, Kekuatan Honda Bikin Pusing Yamaha

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353