nhk

MotoGP Italia 2016: 14 Penampilan Di Mugello, 11 Milik Petarung Yamaha, 7 Kali Rossi

 

ManiakMotor – Mugello selama era MotoGP kebanyakan disabet Yamaha. Dalam 12 kali tampil sejak 2004 hanya tiga kali lepas dari mereka. Salah satunya disabet Marc Marquez dengan Honda-nya pada 2014, saat percaya diri si MM lagi penuh. Selebihnya milik garputala yang terasah di tikungan-tikungan cepat Mugello. Kalau seperti trisula, setiap ujung mata pisau M1 tajam iris-iris sirkuit tersebut.  

Ada dua fase perjalanan Yamaha di Mugello. Sebelum 2010 adalah milik Valentino Rossi. Sedang  2010 ke atas milik Jorge Lorenzo, termasuk tahun lalu, kecuali 2014 tadi. “Dari Le Mans, memang sudah harus berpikir ke Mugello. Di sana sirkuit cepat, beda lagi cara-cara set-upnya,” kata Lorenzo dan Rossi yang hampir sama pendapatnya pada sirkuit yang akan dipakai pada 22 Mei dalam rangka ronde 6 MotoGP 2016.

Keduanya malah sebut  Ducati menjadi penantang mereka dengan trek lurus Mugello yang panjang. Juga motor merek Italia itu banyak melakukan tes di Mugello. Didukung data best lap Mugello atas nama Ducati lewat Andrea Iannone. Iannone juga kedua tahun lalu di situ.  Trek lurus Mugello memang 1.141 meter. Panjang totalnya 5.2 km. Lebarnya rata-rata 14 meter yang memungkinkan putaran atas mengembang terus, tergantung bodi motor bisa diam atau tidak.  

Data kemenangan Yamaha di Mugello hanya gambaran, kendati regulasi telah berubah. Namun, M1 digunakan 2016 masih rasa 2015 yang artinya basis rangkanya mendukung menikung rolling speed. Data lima seri tahun ini juga bercerita, di sirkuit-sirkuit milik M1, mereka bisa pertahankan. Diperkuat pula dominasi di dua seri awal Eropa, M1 di tangan Lorenzo dan Rossi antep dan mantep.

Rossi memang 7 kali juara di Mugello, tapi dua di antaranya masih pakai Honda. Makanya judul di atas 14 kali penampilan. Semua juara Rossi sampai 2008 sebagian besar menggunakan ban Michelin. Setelah pakai Bridgestone dan terutama dapat cidera di Mugello 2010, Rossi nggak pernah juara di situ. Tapi sekarang, Rossi sudah kembali pakai Michelin yang menurut Rossi percaya dirinya kembali terkumpul.     

Toh, ini juga masih menunggu pasukan Honda dan Marc Marquez untuk memperbaiki akselerasi mereka. Hanya saja, Mugello bukan tipe minta kuat-kuatan akselerasi. Itu tadi, putaran atas, sirkuit cepat. “Kami masih konsentrasi pada akselerasi. Termasuk di Mugello pekerjaan besarnya masih pada wilayah tersebut,” kata Marquez usai balap di Le Mans lalu. 

Semoga berhasil bro, agar balapan lebih seru!!!!!! MM

BACA JUGA

MotoGP Mugello 2016 (Jelang): Mio Z Go International, Yamaha Tech 3 Melakukan Gaya Z!

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Penyakit Akselerasi Honda Akan Sulit Disembuhkan

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Asli… Vinales Ke Yamaha 2017, Pol Espargaro Juga Ke Pabrikan

MotoGP Mugello 2015: Terlacak, Yamaha Lebih Pentingkan Rossi, Lorenzo ‘Sengaja’ Dilepas

MotoGP Mugello 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Makin Pede Pada Karet Hitam, Honda Kejar Terus 

BAGIKAN