nhk

MotoGP Italia 2016 Jelang FP3/FP4,Q2: Rossi, Menikung Cepat Di Mugello Butuh Nyali

ManiakMotor – Entah strategi atau memang Valentino Rossi sudah mulai berumur sehingga nyali agak kendur? Coba dengan bicaranya soal sirkuit Mugello yang banyak menyinggung nyali. Sirkuit di negaranya itu, katanya memiliki lintasan teknikal terbaik di dunia untuk menikung kencepatan tinggi. Akan tetapi butuh nyali ‘harimau’ di situ.

Itu dikatakan Rossi usai free practice 2 pada Jumat 20 Mei 2016 di Mugello. Memang nggak sebut nyali harimau, itu sih portal ini yang bilang. Tapi podo maknanya. Dia hanya ke-6  atau terpaut 0.644 detik dari yang tercepat di FP2. “Selalu sulit. Mugello memang salah satu trek terbaik, tapi itu sangat menuntut keterampilan dan seyem. Anda harus sangat berani karena cepat pada setiap sudutnya,” kata Rossi yang tidak turun sama sekali pada sesi FP1 lantaran hujan.

Masih kata Rossi, karena Mugello sirkuit yang besar dengan sudut-sudut lintasan yang lebar, otomatis mesin selalu berada pada rpm puncak. Padahal posisi motor sedang dalam menikung. Pasti juga gigi persneling bermain di posisi yang tinggi, makanya kan harus berani. Namanya juga sirkuit cepat. Onderdil penunjang lainnya macam suspensi kudu tepat oprekannya. 

Lanjut Rossi, menemukan pengaturan atau set-up bukan perkara mudah pada model sirkuit macam itu. Terutama pada stabilatas motor saat ditancap dalam posisi miring. Kalau trek lurus mah, semua pembalap juga bisa. “Sayang, waktu penyetelan motor juga singkat, lantaran FP1 terganggu cuaca. Tapi FP2 yang menjadi sesi pertama tidak begitu buruk. Setiap pembalap catatan waktunya masih berdekatan,” tambah Rossi yang terakhir juara di kandang sendiri pada 2008.      

Rencana Vale pada Sabtu untuk sesi FP3, dia akan langsung menerapkan analisa dari FP2. Dia tak akan menyia-nyiakan waktu latihan untuk melacak setingan. Tetap fokus pada stabilitas dan kecepatan terutama di sektor terakhir. Katanya di area itu, motornya masih ngeden. Termasuk juga soal kampas dan pelat kopling M1-nya yang katanya masih harus diperbaiki. 

Tujuan cari-cari setingan itu, agar M1-nya bisa nyaman dan membuatnya percaya diri, nyali juga bangkit dengan sendirinya. Berarti bukan umur, tapi settingan. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello, Italia, Moto2, Moto3 Semua Sesi 20 – 22 Mei 2016

MotoGP Mugello 2016 FP2: Iannone Tercepat, Lorenzo Kedua, Ke-6 Rossi

MotoGP Mugello 2016 FP1: Hernandez Tercepat, Rossi, Lorenzo, Marquez Nggak Turun

MotoGP Italia 2016 Jelang Race: Yamaha Bantah Penggati Lorenzo Tak Mesti Dari Spanyol

MotoGP Italia 2016 Jelang FP1/FP2: Rossi Soal Vinales, Main Di Mugello Set-Up Dasar M1

BAGIKAN