nhk

MotoGP Jelang 2016: ECU Baru M1 Rossi/Lorenzo, Engine Braking Kacau

ManiakMotor – Kontrol wheelie alias redaman roda depan motor terangkat-angkat saat berakselrasi masih bikin kalang kabut pembalapnya. Kontrol traksi yang tidak teratur dan terasa akselerasinya mengirim tenaga yang kasar pada roda belakang. Engine brake yang  belum berirama alias masih kacau dan sebagainya.

Itu yang dikatakan Wilco Zeelenberg tantangan ke depan pada ECU seragam racikan Mageneti Marelli. Anak buahnya, maksudnya dua pembalapnya terkejut ketika pertama kali mencoba ECU tersebut. “Memang mengangetkan, karena pembalap kami belum mencoba sebelumnya. Motor terasa aneh,” jelas Zeelenberg yang sebanarnya manajer tim Jorge Lorenzo di Movistar Yamaha.

Valentino Rossi menyebut teknologi ECU tersebut mundur empat tahun sebelumnya. Hanya saja dibilang Zeelenberg,  itu tadi, pembalapnya  belum melihat data sebenarnya pada kinerja ECU saat testing hari pertama pramusim di Valencia pada November 2015 lalu. “Saat mengetahui data, mereka (Lorenzo dan Rossi) langsung bisa menyesuaikan. Itu terjadi di hari kedua test Valencia,” tambah Zeelenberg.

Tetap diakui, kinerja ECU Magneti  Marelli memang tidak sebagus milik pabrikan seperti sebelumnya. Ya iyalah, itu sudah pasti. Terutama dalam mengoreksi wheelie,  kontrol traksi dan manajemen mesin lainnya. Butuh waktu  untuk disetel pada motor dan pembalapya memahaminya. Bukan hanya terjadi pada Yamaha. Namun juga dikeluhkan Marc Marquez ketika   test pribadi di Jerez, Spanyol, dua minggu usai dari Valencia. Sayang Yamaha tidak ambil bagian pada test tersebut. Mungkin simpan pukulan.

Dari ECU inilah, kembali akan kelihatan M1 siapa yang duluam dapat performa asyiknya dari dua pembalap Yamaha. Kalau sepanjang Rossi di Yamaha sih, dia di depan yang  mampu mengolah tantangan baru sehingga jadi M1 siap tarung. Di ujungnya, malah Lorenzo yang dapat untungnya. Ya namanya juga setim, gitu loh. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Marquez/Pedrosa Coba NSR500 Two Stroke, Enak Ternyata

MotoGP 2016: Lorenzo Ngekor Rossi Ke F1, Bantah Soal Keluyuran

MotoGP Jelang 2016: Rossi Kembali Beraksi, Dendam Diubah Semangat Berlatih

MotoGP Jelang 2016: Pengisian Bensin M1 Rossi/Lorenzo Di Buntut, Untuk Geometri Ban

MotoGP Jelang 2016: Stoner Luruskan Pengembangan GP16 Ikut Full Series?

 

BAGIKAN