nhk

MotoGP Jelang 2016: Kembali ke Gaya Lama, Rossi Yakin Musim 2016 Lebih Asyik

 

ManiakMotor – Semua enerji kini tercurah menyongsung musim kompetisi 2016. Valentino Rossi pun begitu meski belum bisa melupakan kasus Sepang yang membuatnya gagal jadi jurdun 2015.

“Hari demi hari situasi makin baik, sedikit demi sedikit rasa kecewa berkurang seiring dengan kesibukan baru. Tak mungkin pernah bisa melupakan peristiwa ini, tapi untuk tidak terpengaruh mungkin perlu waktu berbulan-bulan,” ucap The Doctor yang sebelumnya mengatakan tak tahu kapan bisa memaafkan kelakuan Marc Marquez yang merugikannya sejak seri Philip Island sampai race terakhir di Valencia.

Ia tak tahu akan seperti apa hubungan personalnya dengan MM pada musim 2016. Yang Rossi tahu dan yakin adalah rivalitas tahun depan bakal lebih heboh dan merata. Perubahan regulasi dengan penggunaan ECU seragam di semua tim membuat kemamuan teknologi berimbang. Tak ada yang diuntungkan soal elektroniknya yang lebih presisi dan komplet.

Selama ini, kata Rossi, semua tim berlomba merakayasa perangkat elektronik yang supercanggih. Itu hanya bisa dimiliki tim berduit  membuat pembalap dimudahkan mengendarai motornya. Hampir semua aspek diatur oleh elektronik dan memungkinkan lap time didapat dengan konstan. “Perubahan ini menuntut pembalap kembali ke riding style yang lama. Pembalap dimungkinkan fight dengan skill sendiri. Saya kira balapan musim depan akan lebih bisa dinikmati dan menyenangkan dan untuk alasan itulah ada perubahan elektronik,” kata Rossi,

Dua hari tes di Valencia menyongsong musim 2016, The Doctor merasa belum saatnya memprediksi peluang M1 menghadapi rival-rivalnya. Ia sendiri mengaku masih perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan regulasi 2016. Seperti gaya dirinya yang langkah demi langkag adaptasinya dengan karakter dan diameter ban Michelin yang 17 inci. “Kelihatannya Yamaha akan sedikit kesulitan dengan Michelin. Tapi, ini baru langkah awal. Saya hanya perlu tambahan jarak tempuh untuk mengembangkannya,” imbuh Rossi yang terkenal mumpuni mengembangkan motor dengan spek baru. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 Test Pramusim Valencia: Cerita Viñales Sangat Skill, Penantang Juara Dunia Ke Depan

MotoGP Jelang 2016: Kasus Rossi vs Marquez, Beralih Buka-Bukaan Telemetri..!

MotoGP Jelang 2016: Rayakan Kemenangan di Mallorca, Lorenzo Luka Bakar

MotoGP Test Pramusim Valencia 2016: Yamaha Masih Harus Beres-Beres

MotoGP Tes Pramusim Valencia 2016: Pisah Dengan Honda, Stoner Balik ke Ducati

BAGIKAN