nhk

MotoGP Jelang 2016: KTM RC16 Sudah Mengaspal di Valencia Untuk Ikut Full MotoGP 2017

 

ManiakMotor – KTM RC16 baru diperkenalkan empat minggu lalu. Saat itu muncul ke publik dengan agenda akan ikut MotoGP 2017. Dan Sabtu – Minggu  atau 28 – 29 November 2015 sudah menggelinding di sirkuit Valencia, Spanyol. Ya sudah diuji.

Pengujinya dua pembalap berpengalaman, Alex Hofmann dan Mika Kallio. Kedua joki ini tentu saja memuji-muji penampilan awal RC16. Namun di sisi lain, keduanya  juga memberi masukan yang banyak sekali. Iyalah, namanya juga motor baru.

“Sekarang KTM sudah berada di balap yang tertinggi (MotoGP). Mengesankan. Tapi namanya motor baru masih perlu jalan panjang untuk menggalinya,” jelas Mika Kallio, joki yang sudah pernah di GP125, GP250 dan Moto2 sembari cerita ini dan itu. “Mika dapat time yang bagus. Ini tanda, RC16 sudah pada jalur yang pas. Tinggal dikembangkan setelah uji coba  ini,” timpal Hofman yang malah memuji Kallio.

Sayang memamg tak ada informasi lanjutan soal catatan waktu dan speksifikasi mesin. Yang jelas, KTM datang ke Valencia untuk memastikan RC16 bisa melaju seperti motor balap umumnya. Siapa tahu roda nggak mutar atau mesin sampai di sirkuit nggak hidup kan bisa saja, hehe.

KTM walau nggak pernah di MotoGP, tapi pengalaman mereka setumpuk kalau cerita mesin racing. Pabrik Austria ini bikin mesin di luar MotoGP ndak bisa dipandang enteng. Contoh di motocross dengan special engine, KTM bersaing dengan merek Jepang bro. Apalagi di Moto3 yang punya tim khusus di sana.

Mike Leitner sebagai konsultan KTM MotoGP sudah terkesan duluan. Katanya, motor baru diluncurkan empat minggu lalu, tapi langsung oke pada penampilan perdananya. “Pabrik KTM merespon dengan cepat dan baik tim MotoGP. Tes pertama paket RC16 sudah sesuai target. Saya juga senang dengan pembalap penguji yang bekerja profesional dan sangat analitis. Alex (Hofmann) memberikan banyak masukan  dan Mika (Kallio) langsung bekerja pada tingkat yang diharapkan,” kata Leitner yang mengabarkan KTM RC16 kembali akan dicoba pada Februari tahun depan. MM

BACA JUGA

MotoGP: Macam Mana Model Permainan Rossi 2016, Umurnya Sudah 37 Tahun, Loh

MotoGP Jelang 2016: Berat Buat Marquez Bila Sering Memaksa, Bakal Bergelar Jatuh Mulu

Selebrasi Gelar Juara Dunia MotoGP 2015, Yamaha Bagi-Bagi Hadiah untuk Konsumen

MotoGP Jelang 2016: Rossi Coba ‘Memaafkan’ Dan Perbaiki Keadaan, Libur Panjang Dulu…!

MotoGP Jelang 2016: Rossi Menang di Monza Rally 2015, Obat Pelipur Lara

BAGIKAN