nhk

MotoGP Jelang 2016: Pengisian Bensin M1 Rossi/Lorenzo Di Buntut, Untuk Geometri Ban

 

 

ManiakMotor – Alasan distribusi bobot dan geometri atau titik-titik rangka dan mesin yang sebidang garis pada motor sesuai sasaran keseimbangan. Itu yang yang membuat tangki bahan bakar Yamaha M1 ‘sampai’ ke buntut. Disebut sampai karena tangki di MotoGP sebenarnya menyebar dari depan sampai ke bawah jok untuk menampung bahan bakar. Sekarang cerita buntut pastilah di belakang, agar pas dengan permintaan grip ban Michelin.

 

Coba-coba tangki M1 sampai ke belakang ini, juga didukung oleh  aturan. Edisi 2016  kapasitas bahan bakar bertambah 2 liter, karena elektronik Magneti Marelli haus meminum bensin. Sebelumnya pabrikan hanya bisa mengisi 20 liter. “Tangki di belakang masih tahap analisa untuk pilihan set-up baru. Itu juga adaptasi dengan geometri ban Michelin untuk peralihan bobot. Di dalamnya soal penambahan 2 liter bahan bakar sesuai aturan,” kata  Wilco Zeelenberg, manajer tim-nya Jorge Lorenzo seperti dikutip Crash.net.

Kalau dilihat dari foto memang bahan bakar oktan tinggi alias racing fuel akan dituang dari ekor M1. Tapi penampungannya tetap merata dari tangki yang sebelumnya di depan pengendara dan yang di bawah jok. Elmu kira-kiranya begitu. Sebab, logikanya 22 liter di buntut doang, mana muat pak. Kalimat ini bukan dari terjemahan, tapi hasil analisa sendiri.

Coba lihat foto. M1 lebih memilih menggunakan tangki yang pipih sesuai aerodinamika motor, tidak dikembungkan ke samping, misalnya. Tentu juga tidak menambah beban motor di area tengah dan depan. Tapi disebar sampai ke ujung belakang. Ya cerita geometri tadi nggak banyak berubah seperti yang digunakan 2015.

Katanya sih, tester M1 Katsuyuki Nakasuga sudah menggunakannya saat dapat wild card di seri Jepang pada Oktober 2015. Makanya itu ada fotonya. Valentino Rossi dan Lorenzo juga sudah mencobanya di Aragon pada September 2015. Kedua joki Movistar Yamaha itu, kembali mengujinya di  test pramusim di Valencia pada Nomver 2015.

Bahkan Lorenzo sudah cuap-cuap. “Motor 2016 yang ditest di Aragon yang telah disesuaikan dengan ban Michelin. Juga tangki bahan bakarnya di belakang jok,” jelas Lorenzo. Tapi sayang, teman setimnya si Rossi belum kasih komentar soal tangki ini. Yang pasti, Rossi masih cari-cari grip depan Michelin. 

Kalau grip depan berarti bobot ke depan untuk menekan roda masih kurang? Mungkin karena tangkinya jadi kebanyakan belakang, kalee saja begitu. Ito

BACA JUGA

 MotoGP Jelang 2016: Stoner Luruskan Pengembangan GP16 Ikut Full Series?

MotoGP 2015: Yamaha Tak Absen Test Pribadi, Yang Lain Ikut Semua, Ada Apa?

MotoGP: Luca Marini, Adiknya Rossi Ikut Full Moto2 2016 Bersama Forward Racing.

MotoGP Jelang 2016: KTM RC16 Sudah Mengaspal di Valencia Untuk Ikut Full MotoGP 2017

MotoGP Jelang 2016: KTM RC16 Sudah Mengaspal di Valencia Untuk Ikut Full MotoGP 2017

BAGIKAN