nhk

MotoGP Jelang 2016: Rossi Tantang Honda Buka Telemetri, Demi Kebenaran atau Bongkar Rahasia?

 

 

ManiakMotor – Kasus Sepang sudah berlalu dengan vonis tetap dan Valentino Rossi pun sudah jalani hukuman dan dampaknya dalam kejurdun 2015. Tapi, tuduhan petinggi Honda yang masih sebut The Doctor kasih tendangan samping pada Marc Marquez seakan menyiram kembali api yang hampir padam.

Setelah bos HRC Shuhei Nakamoto, Livio Suppo yang jabatannya Team Principal Repsol Honda ikut memanaskan situasi. Suppo bilang punya bukti dalam data telemetri milik Marquez. Apa dan bagaimana itu telemetri sudah diulas dalam tulisan sebelumnya. Silakan klik ini MotoGP Jelang 2016: Kasus Rossi vs Marquez, Beralih Buka-Bukaan Telemetri..!

Sekadar info, Suppo ini adalah musuh lama Rossi dan sudah karatan. Ia bos Casey Stoner saat gabung di Ducati dan saat pindah ke Honda pun boyongan. Suppo orangnya yang teriak-teriak saat heboh Rossi menyalip Stoner dari jalur offroad di Laguna Seca 2008 dan sejak saat itulah permusuhan dengan Rossi tetap terpelihara.

Bisa dimaklumi kalau Rossi langsung menyambar komentar Suppo dengan tak kalah sinis. Beda dengan Nakamoto yang tanggapan resminya bukan dari Rossi tapi oleh manajemen tim Movistar Yamaha. “Kasihan sekali, katanya punya bukti tapi tak ingin membuka telemetrinya dengan alasan tak ingin memperlebar masalah. Sungguh kasihan,” cibir Rossi.

Meski kompetisi sudah ditutup, Rossi menantang Honda untuk buka data di telemetri itu untuk menegakkan kebenaran. Sebab Race Direction sendiri tak menyebutnya menendang. “Ayo kita buka. Saya akan senang hati mengajarkan semua aspek telemetrinya,” tambah The Doctor seolah yang lain tak mampu membedah semua aspek teknis dalam telemetri.

Ditantang demikian, sampai hari ini belum ada tanggapan dari kubu Honda. Jika dituruti ya sama saja dengan membongkar rahasia sendiri. Dari semua data yang terekam telemetri secara presisi, tentu saja bukan hanya kebenaran yang bisa didapatkan Rossi tapi seluruh rahasia teknis di RC213V maupun gaya balap Marquez memperlakukan motornya. Termasuk tuduhan Rossi akan kelihatan di situ. Nyuk ditunggu, entah sampai kapan! Andro

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Kasus Rossi vs Marquez, Beralih Buka-Bukaan Telemetri..!

MotoGP Jelang 2016: Schwanzt Puji Suzuki, Prediksi Vinales Pembalap Besar

MotoGP Jelang 2016: Kembali ke Gaya Lama, Rossi Yakin Musim 2016 Lebih Asyik

MotoGP Jelang 2016: Rayakan Kemenangan di Mallorca, Lorenzo Luka Bakar

MotoGP 2016 Test Pramusim Valencia: Cerita Viñales Sangat Skill, Penantang Juara Dunia Ke Depan

BAGIKAN