nhk

MotoGP Jelang 2016: Sayap (Winglests) Kembali Fokus Gigi Di Ducati GP16

ManiakMotor – Menekan roda depan ke lintasan jadi alasan utama Gigi Dall’Igna berkutat terus dengan sayap. Sayap atau winglets memang fungsinya untuk memanfaatkan tiupan angin diubah jadi tekanan pada motor ke bumi. Maklum kecepatan MotoGP sudah bermain di atas 300 km/jam.

Masuk akal juga sih, sayap diklaim Gigi banyak berfungsi pada Ducati. Di GP15 awalnya hanya di fairing atas belakangan sudah bersusun-susun. Faktanya gejala understeering memang lebih lumayan dari pada keluhan pembalapnya  tempo hari pada Ducati yang malas belok. “Aerodinamika salah satu yang kurang diperhatikan pada Ducati di  tahun-tahun sebelumnya. Jadi saya ingin fokus pada hal yang satu ini,” jelas Gigi.

Sudah jelas, fokus Gigi pada eing tersebut akan dipakai pada GP16, karena dia merasa ada epeknya.  “Dengan winglets roda depan akan  menjejak ke lintasan. Itu otomatis jadi anti-wheelie yang membantu pembalap. Peningkatannta ke masa depan pada detil-detil yang kecil,” tambah Gigi.

Maksud Gigi dengan beban ke roda depan, manuver-manuver belok motor bisa akurat. Elmu kira-kiranya sekalian understeering tadi bisa dihilangkan dengan adanya  wing. Belum lagi, pembalap tak repot mengoreksi motor setiap berakselerasi roda depannya terangkat (wheelie). Kan wlayah dep;an sudah diredam oleh sayap.

Bukannya mengesampingkan yang lain, GP15 muncul dengan sayap disebut Gigi pada 2015 terbagi tiga. Di awal musim cukup kompetitif masuk podium, kadang-kadang malah kemenangan. Bagian kedua, eh malah melempem. “Bagian terakhir di mana Ducati kembali bisa bersaing,” lanjut Gigi.

Beda lagi dengan  menyambut regulasi 2016. Ducati memang lebih siap terutama pada ECU seragam. Mereka sudah menggunakannya sejak di GP15 dan tinggal melanjutkan pada GP16. Jadi wajar saja, fokusnya ke wing untuk disesuaikan dengan ban Michelin.

Ya asal jangan sampai terbang ke langit, pak. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Suppo Mengaku Salah, Marquez Diperintahkan Tutup Mulut

MotoGP Jelang 2016: Akhirnya……Bos Honda Minta Maaf Kepada Rossi!

MotoGP Jelang 2016: Nyolong Start, Suzuki Luncurkan GSX-RR 2016 Bersama Livery-nya di EICMA Milan

MotoGP Jelang 2016: Rossi – Lorenzo Sepanggung Di Milan Motor Show, Saling Buang Muka

MotoGP Jelang 2016: 8 Motor Merah Siap Tempur, Duo Andrea Tunggu GP16

BAGIKAN