nhk

MotoGP Jelang 2016: Schwanzt Puji Suzuki, Prediksi Vinales Pembalap Besar

 

ManiakMotor – Jika bicara prestasi Suzuki, maka nama Kevin Schwantz tak boleh dilupakan. Ia legenda Suzuki dan kini antusias mencermati perkembangan pabrikan muda  Jepang itu. Termasuk memprediksi Maverick Vinales di masa depan. Sebenarnya, khusus Vinales  sebelum ia bicarakan sudah ditulis portal ini kemarin dan syukur didukung Schwantz, hehe.

Setelah absen 4 tahun, wajah  pabrikan Suzuki pada 2015 menurut Schwantz melebihi ekspetasi awal. Gebrakan duet pembalap Aleix Esparagro dan Vinales menjadi bukti potensi yang dimiliki. “Itu line up pembalap yang betul-betul pas meski berada dalam tim yang relatif muda. Start 1-2 di GP Catalunya lalu adalah pencapaian yang luar biasa,hanya dalam penampilan ke-7 mereka,” ucap Schwantz.

Schwantz secara khusus juga memuji Vinales dan memprediksnya jadi pembalap besar di kemudian hari, entah bersama Suzuki atau tim lain. Vinales yang yang jadi Rookie of the Year 2015 adalah juara dunia Moto3 2013 dan runner up Moto2 2014. Naik ke MotoGP, doski langsung bisa di level tengah alias peringkat 12 dengan total poin 97. Hanya beda 8 angka dengan Espargaro yang senior dan berada di urutan 11.

Itu bukti proses belajar Vinales yang begitu cepat. Dalam usianya yang baru jelang 21 tahun pada 12 Januari 2016 nanti, ia adalah rider muda yang menurut Schwantz layak dielus dan dipelihara Suzuki untuk jangka waktu panjang.

Bukan tak mungkin Vinales yang mahir bermain motocross yang beda dengan dirt track kesukaan Marc Marquez dan Valentino Rossi, adalah kandidat jurdun berikutnya Suzuki. Itu akan  mengikuti Schwantz pada 1993 dan Kenny Roberts Jr pada  musim 2000. “Suatu hari nanti Maverick akan sampai di kelas atas. Apakah bersama Suzuki atau tidak, saya tak tahu. Yang jelas masa depannya menjanjikan,” ucap Schwantz, legenda Texas (AS) yang masih aktif mengamati semua seluk-beluk MotoGP.

Prediksi Schwantz tentu tak berlebihan. Sepanjang spek Suzuki GSX-RR bisa bersing dengan pabrikan lain, kiprah Vinales tahun depan menjadi sebuah penantian menarik. Tanda-tandanya sudah diperlihatkan dalam dua hari tes pramusim di Valencia, di mana Vinales bisa bersaing dengan Marquez dan menjadi pembalap tercepat ke-2. Bakal makin menarik jika GSX-RR bisa menambah power dan dilengkapi pula dengan SSG yang aktif naik dan turun, walahh pasti ramai tuh! Andro

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Kembali ke Gaya Lama, Rossi Yakin Musim 2016 Lebih Asyik

MotoGP Jelang 2016: Kasus Rossi vs Marquez, Beralih Buka-Bukaan Telemetri..!

MotoGP Jelang 2016: Rayakan Kemenangan di Mallorca, Lorenzo Luka Bakar

MotoGP 2016 Test Pramusim Valencia: Cerita Viñales Sangat Skill, Penantang Juara Dunia Ke Depan

MotoGP Test Pramusim Valencia 2016: Yamaha Masih Harus Beres-Beres

BAGIKAN