nhk

MotoGP Jelang 2017: Digoyang KTM, Ducati Kepincut Main di Moto3

ManiakMotor – Pabrikan top Italia Ducati merasa tiba saatnya main di kelas nyamuk Moto3. Itu langkah strategis menghadapi agresivitas pabrikan Eropa lainnya, KTM, yang mulai 2017 akan main di tiga katagori sekaligus (Moto3, Moto2 dan MotoGP).

KTM yang pabrikan Austria selama ini dominan di kancah Moto3 lewat tim pabrikan maupun sebagai suplier mesin. Mesin lain yang main di kelompok ini adalah Honda dan Mahindra. Di Moto2 musim depan, KTM menurunkan tim pabrikan Red Bull KTM Ajo.

Tapi di Moto2 cukup menggelindingkan sasis KTM. Tidak menyuplai mesin karena mesin Moto2 dipasok seragam oleh Honda. “Kami memang tertarik menurunkan tim di Moto3, tapi tidak dalam waktu dekat, bukan tahun depan,” ujar Direktur Sport Ducati si Paolo Ciabatti.

Jika segala persiapannya beres, bisa jadi proyek mesin 250 cc itu muncul 2018. Bagi Ducati, kelas Moto3 akan berguna jadi ajang kawah candradimuka buat calon-calon pembalap masa depannya di MotoGP. Joki-joki istimewa sudah ‘diikat’ sebagaimana taktik yang dilakukan Honda selama ini.

“Sebagian besar rider MotoGP saat ini berasal dari Moto2, dan mereka ini umumnya yang punya prestasi di Moto3. D iMotoGP kami punya beberapa tim satelit, jadi sangat mungkin menampung mereka yang berprestasi sebelum bersaing masuk tim pabrik,” lanjut Ciabatti.

Setuju Om! Andro

BAGIKAN