nhk

MotoGP Jelang 2017: Sebelum Pensiun, Nakomoto Janjikan RCV Terbaik, Big Bang?

Honda RC213V 2017 Marc Marquez test Valencia

ManiakMotor – Belum puas, tapi Marc Marquez mengaku banyak masukan untuk pengembangan RC213V kala tes resmi di Valencia lalu. Ia melakukan tes dengan konfigurasi: mesin 2016 plus sasis 2017, mesin 2017 plus sasis 2016, dan paket full 2017. Yang mana bakal jadi besutan 2017 akan ikut ditentukan oleh Shuhei Nakamoto sang Vice President HRC (Honda Racing Corporation).

Nakamoto yang mengendalikan seluruh operasi motosport Honda. Om yang kini berusia 59 tahun dan tahun depan pensiun itu salah satu pelopor teknologi Honda, baik di balap jet darat F1 maupun MotoGP. Doskilah yang memasang seamless shift gearbox di F1 yang kemudian diaplikasikannya ke MotoGP. Asal tahu saja, Nakamoto jugalah yang menemukan dan mengembangkan teknologi NSR500 yang kesohor itu.

Ia menggeluti F1 musim 2000 sampai 2008. Pakar sasis terkenal itu digeser ke MotoGP pada 2009 setelah sekian tahun kancah balap MotoGP dikuasai Valentino Rossi bersama Yamaha. Hasilnya langsung terbukti saat Casey Stoner menjadi juara dunia 2011 di atas Honda dan selanjutnya sampeyan lihat saja sampai musim 2016 ini lewat Marquez.

Nakamoto mengakui akselerasi adalah kelemahan utama RC213V saat ini jika dikomparasi dengan M1-nya Yamaha, sebagaimana dikeluhkan MM. HRC tak sabar mengganti mesin 2016 yang karena aturan disegel tak bisa direvisi torsi yang menghasilkan akselrasinya. “Akselerasi ini bukan semata mesin, tapi juga ECU seragam dan bahkan sasis,” sebut Nakamoto.

Dalam wawancara panjangnya dengan sportrider, Nakamoto menjabarkan pentingnya sinerji mesin dengan sasis di MotoGP. Plus ECU standar dan Michelin selaku pemasok ban baru, seluruh informasi dan data musim 2016 menjadi bekal membangun RC213V spek 2017 yang bisajadi menjadi karya terakhir Nakamoto sebelum pensiun tahun depan. “Pokoknya, itu akan menjadi seri RCV terbaik,” jamin Nakamoto.

Apakah dengan cara kembali ke metode big bang macam yang ramai diisukan saat ini? Tak ada jawaban Nakamoto soal yang satu ini. Tapi, tunggu saja tes lanjutannya, pasti akan terkuak benar atau tidaknya. Begitu Bro! Andro

BAGIKAN