nhk

MotoGP Jelang 2017 (Tes Jerez): Iannone ‘Kabur’ Bersama Suzuki Dari Sirkuit, Pemain WSBK Meraja

Alvaro Bautista dengan Ducati 2017

ManiakMotor – Hari kedua tes bareng MotoGP dan WSBK di Sirkuit Jerez bikin miris para joki MotoGP. Anak-anak WSBK dengan motor harian yang dimodifikasi jadi racing malah lebih kencang.

Jonathan Rea sang jurdun WSBK bertahan dengan Kawasaki kembali bikin gara-gara. Kalau di hari pertama hanyakalah 0,1 detik dari pemian MotoGP tercepat, kali ini Kawasakinya lebih kencang lagi dengan fastest lap 1:38,721. Itu lebih kencang 0,225 detik dari Alvaro Bautista (Aspar Ducati) sebagai tercepat di katagori MotoGP.

Tapi, harap diingat bro, tes Jerez ini tak diikuti para pemain papan atas MotoGP. Pemain top yang ikutan hanya Andrea Iannone dengan besutan baru Suzuki GSX-RR. Itu pun hanya hari pertama ngaspal. Hari kedua Iannone dan timnya ‘kabur’ dari sirkuit.

Bukan apa-apa, itu hanya strategi untuk menghemat jatah tes privat dengan rider pabrikan. Suzuki hanya punya 5 hari jatah tes privat untuk musim depan. Satu saja yang dipakai di Jerez sehingga ada sisa waktu 4 hari yang menurut bos Suzuki Davide Brivio lebih bermanfaat untuk dihemat.

Ya menunggu test bersama papan atas agar bisa saling ukur. “Lagipula, di hari pertama saja sudah kami dapatkan data yang dibutuhkan,” ujar Brivio menegaskan yang Suzuki lakukan di Jerez memang bukan memburu catatan waktu, tapi himpunan data dan masukan Iannone untuk pengembangan.

Kalau penasaran, di bawah adalah catatan lengkap tes Jerez. Andro

test-jerez-2017