nhk

MotoGP Jelang 2017 (Tes Jerez): Miller Tes RC213V Mesin Big Bang

Jack Miller test Jerez untuk 2017
ÿþ

ManiakMotor – Jack Miller satu-satunya delegasi Honda dalam tes privat Jerez saat ini. Ia pakai sasis eks Cal Crutchlow di tes Valencia. Mesin? Resminya Miller sang kampiun di GP Assen 2016 itu adalah rider tim Marc VDS. Ke tes Jerez, ia akui sebagai bagian dari HRC (Honda RacingCorporation) guna menguji RC213V prototype 2017.

Tugasnya di Jerez hari pertama menguji engine 2017 yang disandingkan dengan sasis yang diuji Crutchlow (LCRHonda) saat tes Valencia. Konfigurasi ini mudah ditebak tujuannya adalah menghimpun data kecocokan mesin  2017 dengan sasis-sasis RCV yang sudah tersedia. Di Valencia sebelumnya Marc Marquez sudah mencoba sasis 2016 maupun 2017 untuk dikawinkan dengan mesin 2017.

Dari gelegar knalpot RC213V di Jerez, isu big bang kembali berkembang. Miller ditengarai menguji teknologi itu untuk memperkuat masukan data untuk pengembangan spek RCV 2017. Sayangnya tak  ada pengakuan Miller soal itu, makanya tetap dibilang isu. Kalau sudah ngaku kan bukan isu namanya hehehe! “Memang disuruh ngetes mesin baru. Benar-benar baru dan beda banget dengan mesin sebelumnya,” ucap joki Australia itu yang di akhir tes menempati posisi ke-9 tercepat.

Soal rasa, Miller bersaksi mesin anyarnya bayak akan tenaga dan motor jauh lebih mudah dikendalikan. Terutama saat berada di dalam tikungan (corner speed) yang selama ini menjadi hambatannya. Powe lebih mudah dikontrol saat roda depan berubah arah. “Ini cocok dengan riding style saya. Ini kali pertama saya merasa dapat mesin yang cocok,” ucap Miller yang juga menguji garpu baru dan beberapa part lain yang belum maksimal diuji HRC pada tes Valencia.

Tes hari kedua, ia berencana ubah setingan dan tinggal lihat lap time-nya. Sekalian nunggu kabar, pakai big bang, ora? Andro

BAGIKAN