nhk

MotoGP Jerez 2016 Jelang FP1/FP2: Jumpa Pers, Ras Eropa, Kata Marquez Trek Gaya Eropa

ManiakMotor – Ras Eropa. Kalimatnya pembuka yang hadir di jumpa pers wajib jelang GP Jerez pada Kamis 21 April, senang sampai ke Eropa. Semuanya. Apalagi pembalap Spanyol yang seri awal di Eropa berada di negara mereka sendiri di sirkuit Jerez.

Nih yang hadir, Marc Marquez (Honda), Jorge Lorenzo (Yamaha),  Andrea Dovizioso (Ducati Team), Maverick Viñales (Suzuki) dan Scott Redding (Pramac), “Senangnya kami sudah sampai di Eropa. Sirkuitnya menggunakan gaya Eropa,” tegas Marquez yang diiyakan semua yang hadir di jumpa pers. Kecuali Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Racing yang hadir pada konferensi pers yang mengangguk saja. Dia hadir membahas langkah Lorenzo ke Ducati dan masa depan Yamaha. Soal ini silakan lihat di tulisan lain.

MotoGP memang diisi ras Eropa. Dulu sih yang lama sekali masih ada saingannya Amerika. Tapi belakangan sudah 90 persen Eropa. Entah itu panitia MotoGP, tim dan pembalapnya dari benua bule, orang barat. Kalau motornya sih sebagian besar Jepang, hehe. Makanya disebut 90 persen tadi.

Walau pun pembalapnya bukan dari Spanyol, tapi macam Dovizioso dan Redding tetap saja sumringah. Maklum, begitu sampai di Eropa, suasananya berbeda. Mereka dekat dengan keluarga. Boleh ajak ortu, tetangga, dan handai tauland lewat darat. Itu semberi mengenang masa kecil saat dibentuk jadi pembalap masa depan pergi berkompetisi antar negara Eropa.

Wajar juga tiga seri sebelumnya mereka mengembara dari Asia Tengah ke Benua Amerika. Kata orang kuno sih, hujan emas di negeri orang, masih lebih baik hujan batu di negeri sendiri. Awas ketimpa batu pale lu. Becanda bro.”Sekali lagi Jerez adalah gaya Eropa. Sirkuit yang sempit dan punya teknik dan set-up khusus. Biasanya Jorge sangat kuat di sini,” kata Marquez pada Lorenzo. Tapi dijawab Lorenzo dengan tema lain. “Ini keputusan penting dalam karir saya. Tapi itu masih jauh, masih ada 15 ronde ke depan untuk membela Yamaha,” timpal Lorenzo soal dia ke Ducati 2017 – 2018. 

Mari ditonton dan penonton yang datang ke sirkuit mereka yang mengelukan jagoan masing-masing. Ya tentu saja penontonya kebanyakan orang Eropa. Dan yang dari luar Spanyol datang naik moge ke sirkuit. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jerez 2016: Rossi Akui, Lorenzo Ke Ducati Saat Kompetitif, Ketimbang Eranya

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Vinales Mulai Angkat Rossi, Dulu Marquez, Maksudnya?

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): RC213V Marquez Sudah Punya Set-Up Dasar Untuk Elbow Down

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): M1 Valentino Rossi Sebenarnya Kompetitif, Lacak Set-Up Podium

MotoGP Jerez 2016 (Jelang); Tantangan Diterima Lorenzo, Rossi Masih Diam  

BAGIKAN