nhk

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Hayo Rossi Pilih Siapa Pasangannya Di Yamaha 2017 -2018?

ManiakMotor – Besar kecilnya Valentino Rossi akan diminta Yamaha pendapatnya. Ikut menentukan pembalap pengganti duduk di jok M1 pabrikan yang ditinggalkan Jorge Lorenzo ke Ducati. Bukan karena dia sebagai pembalap di tubuh Movistar Yamaha, tapi sosoknya yang berpengalaman. Pembalap senior yang layak diminta pendapatnya oleh garputala.

Rossi sendiri sih, telah berkomentar yang sifatnya ‘asal-asalan’ saat diisunya Lorenzo ke Ducati, beberapa waktu lalu. Katanya, sama siapa saja dia siap. Entah itu dengan Maveric Vinales, Dani Pedrosa, Andrea Iannone dan sebagainya untuk 2017 – 2018. “Khusus Vinales dia pembalap masa depan,” jelas Rossi yang menantang Lorenzo nggak bakal berani pindah ke Ducati. Wah udah pindah tuh.    

Tapi pengalaman selama berduet dengan Lorenzo yang lebih banyak nggak enaknya, ketimbang enaknya, Rossi dipastikan akan ambil peran. Peran ikut memilih pendampaingnya agar serasi luar dalam. Maklum peran-peran yang lain sejak 2004 masuk ke Yamaha yang begitu kuat, melemah saat dia minggat ke Ducati. Setelah ditinggal Lorenzo, peran itu kembali di tangannya.  

Jangan lupa sosok Rossi bukan melulu pembalap yang tahu geber motor. Sudah tiga thun ini dia juga jadi pelatih yang otomatis juga jadi pemandu bakat. Dia punya VR46 Racing Academy. Bahkan belakangan Yamaha menjalin kerjasama dengan sekolah balapnya. Pastilah punya insting memilih pembalap sesuai tuntutan Yamaha atau Rossi sendiri.

Tinggal pilih, isu yang kencang adalah Vinales. Anak muda Spanyol ini siapa tahu akan cocok dengan Rossi, mengigat manajer Suzuki MotoGP, Davide Brivio, akrab pula dengan Rossi. Kan dulunya Brivio punya jabatan sama di Yamaha. Ada juga Pol Espargaro yang sudah ditanam Yamaha di Yamaha Tec3 jauh hari. Atau Pedrosa, Iannone dan sebagainya yang disebut Rossi tadi. Kalau Iannone satu negara dan satu bahasa, hehe. MM

BACA JUGA

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Jadi Ramai Lorenzo Ke Ducati, Perombakan Tim Besar-Besaran

MotoGP 2016: Beda Situasi Lorenzo Ke Ducati 2017 Dan Rossi 2011, Lalu Stoner 2007

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Akhirnya Lorenzo Bernyali Ke Ducati, Kontrak 2017 – 2018

MotoGP Jerez 2016 Jelang: Lorenzo-Marquez Dulu Musuh Di Tikungan Berantai, Sekarang Teman, Rossi?

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Seribu Persen Pasti Marquez Dikontrak, Pedrosa Lihat-Lihat Dulu  

BAGIKAN