nhk

MotoGP Jerez 2016 Jelang: Lorenzo-Marquez Dulu Musuh Di Tikungan Berantai, Sekarang Teman, Rossi?


ManiakMotor – Kenangan terdekat sirkuit Jerez pasti  peristiwa lap dan tikungan terakhir 2013. Senggolan antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Keduanya pun saat itu ‘bermusuhan’ berat. Lorenzo menyalahkan gaya mengendara Marquez. Walau saat itu sebenarnya hanya memperebutkan posisi kedua, karena Dani Pedrosa sudah duluan masuk finish.

Panas-panasan itu berlajut ke seri-seri berikutnya. Bahkan keluar omongan Lorenzo, “Marquez harus memperbaiki cara bawanya yang brutal,” kata Lorenzo saat itu. Dibalas oleh Marquez, “Valentino (Rossi) teman saya, yang lain biasa-biasa saja,” tegas MM ketika itu yang artinya Lorenzo bukan teman sejatinya. Seiring waktu atau sekarang, situasinya tentu saja berbeda. Siapa musuh dan siapa kawan, sampeyan sudah tahulah.

Masuk ke ronde 4 MotoGP 2016 di Jerez, Spanyol yang raceday-nya 24 April ini, Marquez, Lorenzo dan Rossi sama-sama punya kans di sirkuit yang punya tikungan berantai ini. Pasti dengan nuansa berbeda tadi di sirkuit yang teknikal menyambungkan power motor pada 13 tikungan, panjangnya hanya 4.4 km. Walau tikungan berantai, dianggap sirkuit yang mengalir. Dan sudah diharap-harap semua tim dan pembalap, karena Jerez walau di Spanyol, tapi bagian dari Eropa. Di benua itu, negara tempat lahirnya para pembalap MotoGP dan home base tim mereka.   

Mulai dari Lorenzo sampai dia juara dunia tahun lalu, kinerjanya membaik sejak di Jerez. Disusul tiga kali juara di seri-seri berikutnya di Eropa. Itu baru dibutus Rossi di Assen, “Seri Eropa memang khusus. Jerez apalagi,” kata Lorenzo yang juga akan mengumumkan masa depannya jelang Jerez ini, mau ke Ducati atau tetap di Yamaha.

Marquez sejak ke MotoGP memang baru sekali menang di Jerez pada 2014. Tetapi melihat kinerja dalam dua seri lalu bisa menguasai RC213V-nya bersama Michelin dan elektroniknya, peluangnya besar. “Harapannya sih situasi di Argentina dan Amerika akan terbawa ke Eropa,” kata Marquez usai menang di Austin.  

Sekarang Rossi yang jam terbangnya di Jerez sangat tinggi. Dia sudah enam kali menang di sini. Dan pertempuran berat pernah dilaluinya di Jerez. Itu dulu. Sekarang umurnya sudah 37 tahun jalan ke-38 tahun. “Sebenarnya motor kompetitif di Amerika. Kosentrasi saja yang hilang lantaran sejak awal bermasalah dengan kopling. Kita lihat saja di Jerez,” kata Rossi yang tahun lalu ke-3 dan kedua Marquez, juaranya Lorenzo tadi.

Intinya tiga jagoan di atas itu sangat kenal Jerz, apalagi Marquez dan Lorenzo tuan rumah. Tim mereka pun familiar di Jerez. Otomatis Michelin dan elektronik akan segera mereka atasi di situ. Eh, ngomong-ngomong Lorenzo dan Marquez masih ingat duel mereka di situ kan. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Seribu Persen Pasti Marquez Dikontrak, Pedrosa Lihat-Lihat Dulu

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Dilema Winglet, Dihapus Atau Dibatasi? Semua Pakai, Enak Sih..!

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Point Rossi Sudah Tertinggal Satu Setengah Ronde

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Pandangan Marquez Skill Lorenzo Membawa Ducati

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Dovizioso Percaya Pengalamannya, Tidak Khawatir ‘Kedatangan’ Lorenzo         

BAGIKAN