nhk

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): M1 Valentino Rossi Sebenarnya Kompetitif, Lacak Set-Up Podium

ManiakMotor – Menarget podium semua harus siap. Selain membangun set-up motor ‘spek’ podium, juga percaya diri dari pembalap dan tim terhadap sirkuit. Itu yang dikemukakan Valentino  Rossi menuju ronde 4 MotoGP di Jerez, Spanyol  pada 24 April 2016 yang sesi latihannya telah mulai Jumat 22 April.

Bikin set-up motor buat Rossi dan timnya tak sesulit dari tiga balapan sebelumnya, karena umumnya sudah percaya diri sampai di Jerez, Spnyol di benua Eropa. Jerez yang lenggendaris itu  puluhan tahun bentuknya seperti itu. Tetap 13 tikungan dan panjang 4.4 km. “Senang tiba di seri Eropa dan dimulai dari Jerez. Coba dapat podium pada hari Minggu. Harus menemukan set-up terbaik sejak sesi latihan,” jelas Rossi yang bilang di Texas M1-nya sudah kompetitif hanya nggak beruntung. 

Data-data soal ban dan elektronik pun sudah cukup tiga seri lalu untuk bahan analisa sampai ke Jerez. Sirkuit yang sudah hapalan oleh pembalap dan timnya yang home base mereka di Eropa. Kendati seperti  Argentina dan Amerika, Michelin dan elektronik juga baru pertama dipakai di Jerez. Tapi kan data dari tiga seri sebelumnya boleh dikombinasi sesuai permintaan Jerez. Begitu ilmu kira-kiranya.

Rossi sendiri telah memuji-muji motornya dengan ban Michelin dan elektronik pada M1-nya. Rossi menujuk hasil kualifikasi di Austin. Maksudnya Rossi, di Austin yang nggak dia suka saja, bisa seperti itu. “Nah Jerez trek yang sangat saya suka, berbeda dengan tiga seri lalu. Intinya harus bikin set-up untuk podium,” pungkas Rossi yang sejak 2014 baru kemarin di Austin gagal dapat point. Di Jerez dia sudah enam kali juara.

Okelah ditonton saja janji Mas Rossi. Di Jerez, bukan hanya Rossi yang senang datang ke situ, tapi semua pembalap, lebih lagi joki Spanyol. Ini sirkuit yang selalu bikin asyik ditonton.  Apalagi tikungan terakhir yang selalu bikin pecah gemuruh penonton. Di tikungan itu sering terjadi overtake teknik kelas tinggi bila di lap terakhir masih saling bedekatan untuk meraih posisi lebih baik. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Jerez 2016 (Jelang); Tantangan Diterima Lorenzo, Rossi Masih Diam

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Lorenzo Ke Ducati, Semata Kinerja Desmosedici ’16

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Hayo Rossi Pilih Siapa Pasangannya Di Yamaha 2017 -2018?

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Jadi Ramai Lorenzo Ke Ducati, Perombakan Tim Besar-Besaran

 

BAGIKAN