nhk

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Point Rossi Sudah Tertinggal Satu Setengah Ronde

 

ManiakMotor – Valentino Rossi sudah terpaut 33 point dari Marc Marquez yang memimpin klasemen. Itu dihitung dari tiga seri MotoGP 2015 yang telah lewat. Itu sama dengan Rossi sudah tertinggal satu setengah ronde yang setiap rondenya dapat 25 point kalau juara.

Rossi paling banyak defisit pundinya di ronde 3 di Austin, lantaran DNF (did not finish). Penyebanya sampeyan sudah tahulah, saat start memaksakan kerja koplingnya untuk akselerasi, sehingga kepanasan dan slip. Memang katanya jatuh akibat kehilangan grip depan, tapi sebabnya diawali dari kopling tersebut. “Lupakan itu, aslinya motor kompetitif dan bisa dipakai menghadapi Jerez, lomba awal di Eropa,” jelas Rossi seperti komentarnya usai lomba di Austin.  

Rossi mengakui untuk tahun ini dan telah dirasakannya sendiri, jangan sampai kehilangan kosentrasi dan fokus sepanjang balapan. Itu bedanya dengan tahu lalu,  pakai ban Bridgestone dan elektronik dari pabrikan masing-masing yang dianggap lebih pintar. Dengan ban Michelin dan kinerja elekronik tidak secanggih yang lama bekerja pada traksi roda. Ndak boleh melakukan kesalahan sikit pun, kalau tak mau terjatuh seperti di Austin.

Di Amrik itu konsentrasinya terganggu lantaran Rossi sendiri yang ‘membakar’ kampas koplingnya saat start. Tujuannya agar tetap sejajar atau unggul menuju tikungan pertama. “Selanjutnya tinggal berjuang memenangkan balapan, podium, dan gelar,” sebut Rossi yang dalam 9 kali penampilan terakhir belum pernah juara dibanding musuh beratnya Marc Marquez dan Jorge Lorenzo masing-masing sudah 3 kali.

Kondisi point Rossi saat ini sepertinya sesuai omongannya jelang awal ronde. Katanya saat itu, dia nggak mau mengulang jalannya dari seri ke seri seperti tahun lalu. Awalnya sangat bagus, tapi ‘kacau’ di akhir-akhir seri. Semoga jadi sebaliknya, awal tahun ini berat, nanti jadi ringan sampai seri penutup 2016. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Pandangan Marquez Skill Lorenzo Membawa Ducati

MotoGP Jerez 2016 (Jelang): Dovizioso Percaya Pengalamannya, Tidak Khawatir ‘Kedatangan’ Lorenzo

MotoGP Jerez 016 (Jelang): Jarvis Malah Akan Kaget Kalau Lorenzo Bertahan Di Yamaha

MotoGP 2016: Tiga Seri Berlalu, Ekspresi Di Podium? Artinya Selfie?

MotoGP Jerez 2016 Jelang: Selebrasi Andrea Iannone Macan Juara Di Austin, Kenapa?

BAGIKAN