nhk

MotoGP Jerez 2016 Jelang Race: Lorenzo Beralasan Ban Rusak, Kalah Dari Rossi Di Q2

ManiakMotor – Jorge Lorenzo nggak memasalahkan pole position di detik terakhir direbut rekan setimnya, Valentino Rossi. Itu hanya karena ban kedua yang ‘rusak’, bukan gambaran keseluruhan. Start dari grid dua suduh cukup pada Minggu 24 April di sirkuit Jerez, Spanyol. Dia punya modal kecepatan M1-nya yang mudah tembus 1:39 seperti sesi FP4.

Kalah dari Rossi saat kualifikasi sepertinya tak terduga oleh Lorenzo, itu pengamatannya. Dialah yang punya inisiatif membuka catatan waktu tercepat sepanjang 15 menit Q2. “Strateginya tiga ban. Sayang ban kedua cacat,  nggak berani mendorong motor lebih cepat. Ban belakang ketiga pakai soft, juga kurang pas. Tapi posisi kedua sudah baik yang sebenarnya saya juga mengincar pole,” alasan Lorenzo yang pertama membuat di bawah 1:39 yang tepatnya 1’38.858 dan membuat tercepat sementara sebelum dilibas Rossi.

Yang penting buat Lorenzo soal kecepatan konstannya saat menggunakan settingan lomba. Dia mengalihkan cerita untuk melihat hasil FP4 di mana doski dengan ringan membelah racing line Jerez. FP4 dia bukan sekadar tercepat, tapi memang saat di tengok pada data dari 11 lap, dia 9 kali mencetak 1:39. Diperkirakan kalau konsisten di catatan itu  saat 27 lap lomba di Jerez, akan berat diikuti lawan.

Itu prediksinya. Sebab dua lawannya macam Rossi yang merebut pole, saat FP4 dari 11 lap, hanya lima kali mencetak 1:39. Demikian pula Mac Marquez dari 12 lap di FP4 hanya empat kali mencetak 1 menit 39 detik sekian-sekian. Artinya memang M1-Lorenzo yang konsisten dalam set-up motor untuk dibawa pada arena pertempuran aslinya. 

Maklumlah kecepatan kualifikasi dan lomba memang sangat berbeda. Di lomba yang dicari konsistennya sembari adu cerdik merawat ban.  “Saya pikir sesi Free Practice 4 yang jadi ukuran kecepatan lomba, saya  punya kecepatan yang besar. Cepat di awal dan kemudian bisa konstan, jadi mari dilihat dan berharap mengulangi lomba seperti tahun lalu,” pungkas Lorenzo. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Jerez, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 22, 23 – 24 April 2016

MotoGP Jerez 2016 Jelang Race: Rossi, Race Akan Keren Dari Grid Pertama

MotoGP Jerez 2016 Q2: Kualifikasi Rossi Tercepat, Cepat Di Sektor 3 Dan 4

MotoGP Jerez 2016 FP4: Lorenzo Tercepat, Marquez Ke-2, Rossi 3

MotoGPJerez 2016 FP3: Rossi Tercepat, Marquez ke-2 Dan Ke-3 Pol

BAGIKAN