nhk

MotoGP Jerez 2016 Jelang Race: Rossi Seyakin-Yakinnya Kompetitif Dengan Michelin

ManiakMotor – Tidak terburu-buru menuju trek saat Q2. Tunggu jalur yang jelas, baru beraksi saat kualifikasi Sabtu 23 April di Jerez, Spanyol. Yakin akan akan diri sendiri dan motornya yang rodanya dialas Michelin. Keyakinan yang sama akan dibawa ke race Minggu ini 24 April.

Itulah Valentino Rossi di Jerez yang tampil percaya diri bukan hanya di Q2, juga sesi lain di hari kedua. “Sangat yakin akan kinerja Michelin. Saya besar  di balap dengan ban ini. Peralihan ke Bridgestone 2008 mungkin umur saya terlalu tua. Saya hapal betul karakter Michelin di Jerez. Ini juga akan dibawa ke lomba. Saya kompetitif,” sebut Rossi yang sejak pakai Bridgestone tak pernah pole position di Jerez, terakhir dia pole di sana 2005 dengan Michelin juga. Rossi pula yang dulu bikin iri pembalap lain karena dapat perlakuan khusus dari ban Prancis itu.

Boleh jadi ban Michelin menjadi jiwa Rossi melajukan motornya. Tahun ini baru berjalan empat seri, Rossi sudah dua kali masuk front row. Dan seri ke-4 ini sudah pole position yang terakhir dibuatnya di Assen tahun lalu. Selama ini atau sebelum Michelin, Rossi memang nggak ngotot adu cepat di kualifikasi. Malah kebanyakan bermain di grid ke-5 – 8. Tahun lalu dia di Jerez hanya ke-5 yang katanya banyak masalah.

M1 Rossi memang kencang dan tenang saat melewati catatan Jorge Lorenzo yang 1:38.8 di Q2. Catatan Lorenzo ini seolah sulit dipatahkan. Tapi dia bisa buat menjadi 1’38.736. Pastilah dengan grip Michelin yang meyakinkan untuk diberi tenaga, motor tidak akan bergeser roda belakangnya. “Dengan Bridgestone di Q2 pasti akan menggunakan ban yang dipakai untuk lomba juga. Pakai Michelin bisa bisa pilih lebih lembut dari pada lomba,” tutur Rossi yang menggunakan karet hard depan dan soft belakang saat kualifikasi, lalu diperkirakan saat lomba pakai keras depan dan medium belakang. 

Bukan hanya ban, persoalan stabilitas depan saat berakselerasi sembari menikung khas Jerez, kelihatannya sudah ada resepnya. “Balapan memang akan sulit, karena Lorenzo dan Marquez juga cepat. Tapi saya yakin siap melawan dengan motor dan ban yang bisa diandalkan. Lupakan kesalahan yang dibuat di Austin,” yakin Rossi seyakin-yakinnya.

Yakin sih terlihat di strategi Q2. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Jerez, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 22, 23 – 24 April 2016

MotoGP Jerez 2016 Jelang Race: Marquez Sportif, Kerja Keras Melawan Dua Yamaha Di Lomba

MotoGP Jerez 2016 Jelang Race: Lorenzo Beralasan Ban Rusak, Kalah Dari Rossi Di Q2

MotoGP Jerez 2016 Jelang Race: Rossi, Race Akan Keren Dari Grid Pertama

MotoGP Jerez 2016 Q2: Kualifikasi Rossi Tercepat, Cepat Di Sektor 3 Dan 4

BAGIKAN