nhk

MotoGP: Kata Poncharal, Musim 2014 Lebih Memikat

 

ManiakMotor – Selaku President IRTA (International Racing Team Association), pendapat Herve Poncharal harus didengar Dorna  untuk pengembangan MotoGP. Maklum, team owner Tech3 itu mewakili semua ‘penghuni’ paddock.

Karena peran itulah Poncharal banyak terlibat dalam  perubahan regulasi 2014, terutama masuknya Open Class atau disebut juga kelas nonpabrikan untuk menggantikan kelas CRT. “Perubahan ini akan sangat menarik. Dalam beberapa momen bukan tak mungkin pacuan pabrikan dikalahkan pacuan Open Class,” katanya yang artinya jangan lewatkan MotoGP tahun depan.

Pasalnya, Open Class yang saat ini diikuti Honda RV1000R, FTR Yamaha M1 dan Ducati itu akan menghadirkan persaingan tersendiri. Tk hanya sesama Open Class tapi juga dengan pacuan tim satelit dan pabrikan. 

Alasannya dengan kapasitas bahan bakar 24 liter dan jenis ban yang lebih lunak, motor-motor ini jelas punya nilai tambah tersendiri. “Dalam trek tertentu punya power lebih mumpuni. Begitu pun dengan ban, punya grip lebih baik dibaningkan type ban yang dipergunakan tim pabrikan. Saya optimis pertunjukan 2014 akan lebih menarik,” jelas bosnya Pol Espargaro dan Bradley Smith itu.

Tapi ia tak bilang dengan kapasitas 24 liter, mesin bisa dibikin lebih boros yang menghasilkan tenaga. Mekanik di paddock masih leluasa memainkan bahan bakar untuk mengumbar power. Iya, tapi hati-hati komponen yang lain nggak tahan. Juga keberatan motor dengan beban 4 liter cairan, hehe.

Kewajiban IRTA dan komunitas MotoGP, katanya, untuk membantu Dorna meningkatkan kualitas balapan. Ia ibaratkan promotor Dorna yang punya gedung pertunjukan teater sedangkan IRTA dan para pembalap adalah aktornya. Dorna yang jualan tiket di pintu depan dan mengatur kenyamanan penonton.

“Tapi, jika penonton tak menikmati pertunjukan yang bagus maka mereka akan pergi. Regulasi 2014 menurut saya akan berpengaruh besar untuk meningkatkan kualitas balapan. Pertarungan RCV1000R di tangan Nicky Hayden dan Scott Redding dengan FTR Yamaha milik Aleix Esparagro dan Colin Edwards sangat layak ditunggu,” tandasnya. 

Yoi, mudah-mudahan begitu Om! Apalagi kalau rivalitas di tim pabrikan pun bisa lebih seru dari musim ini, wah kian top markotoplah. Andro

BACA JUGA

MotoGP; Kata Rossi Lorenzo Yang Terbaik 2013, Tapi Kok Juara Dunia Marquez, Ya???

MotoGP: Duka Mendalam Buat Nelson Mandela

MotoGP: Akhir Tahun Kelabu Bagi Rossi, Sibuk Main ke Gunung

Asia Talent Cup; Ke Aragon Coba Honda NFR250, Semua Ditanggung Dorna

BAGIKAN