MotoGP: Kondisi Aspal Terlalu Ambyar, COTA Diaspal Ulang!

Maniakmotor – Walau kelihatannya mulus, kondisi aspal di COTA, Austin, Texas sangat ambyar untuk para pembalap MotoGP. Saking ambyarnya, menurut Fabio Quartararo aspal COTA disebut “Lelucon”. Sementara Aleix Espargaro enggak mau vote sirkuit tersebut di tahun mendatang bila kondisi masih sama.

Mengapa disebut ambyar, karena memang aspalnya bergelombang seperti sirkuit grasstrack, wkkw. Bahkan sampai membuat MotoGP memberikan ultimatum, dimana jika tikungan ke-2 sampai ke-10 tidak diaspal ulang, MotoGP enggak bakalan balik di tahun 2022.

Perlu diketahui, sebenarnya pihak managament COTA sudah menghindari hal ini, dimana mereka melakukan pengaspalan ulang di tahun 2021 lalu. Akan tetapi, bumpy alias gelombang di sirkuit tersebut tetap ada. Lebih lanjut lagi, pihak sirkuit COTA beralasan karena pergerakan permukaan tanah, bukan keruaskan dari lindasan ban para pembalap.

Pengaspalan Ulang COTA

Nah, untuk kalender MotoGP yang akan dilaksanakan pada 10 April mendatang, maka COTA kembali melakukan pengaspalan ulang. ‘Beberapa minggu belakangan, sirkuit telah diaspal secara besar – besaran,’ sebut management COTA.

Katanya sih, tikungan ke 2-10 serta tikungan 12-16 telah diaspal ulang. Beberapa area seperti tikungan 2 dan 10 dialas dengan beton untuk mendukung permukaan aspal sehingga tidak berubah seperti dulu.

Berita baik untuk para pembalap, MM

BACA JUGA