nhk

MotoGP Le Mans 2016: Isu Hangat Ban Dan Winglet, Saling Berkaitan Kah?

 

ManiakMotor – Ban dan winglet saat ini jadi sorotan di MotoGP. Baru lalu Dani Pedrosa kesal dengan Michelin yang mudah gonta-ganti konstruksinya. Belum selesai satu desain lantas pengembangan motor menyesuaikan, muncul  konstruksi ban baru lagi. “Pembangan motor sebelumnya tidak berlaku lagi, bila datang Michelin yang baru. Juga merugikan MotoGP itu sendiri, lomba berjalan tidak menarik,” tuding Pedrosa yang menggambarkan dua balapan di Amerika dan Jerez membosankan. Dia juga menghimbau official ban lebih siap di seri-seri selanjutnya.

Di Jerez memang pade rame keluhkan kinerja ban belakang. Saat lomba di Jerez, suhu trek meningkat 10oC dari perkiraan awal. Sehingga karet pengalas roda buatan Prancis itu nggak kuku. Jorge Lorenzo pun ngomel, ban belakangnya spin saat berakselerasi. Kata Lorenzo sepanjang karirnya di MotoGP, baru ini mengalaminya. Hal sama sebenarnya terjadi pada Valentino Rossi, berhubung dia The Doctor, jadi ditanggulanginya sembari lomba. Lagian dia juga menang, berarti nggak perlu protes, hehe.

Michelin lewat  manajer event olahraga bermotor, Piero Taramasso, agak menuding winglet memberi konstribusi. Ban belakang menjadi stress dengan sayap tersebut. “Tekanan angin dari winglet bikin motor makin mendekap sirkuit. Sayap ini menghasilkan tekanan ke bawah pada suspensi depan sekitar 4mm. Sehingga tercipta ketidak seimbangan bobot yang malah lebih banyak ke belakang,” kata Taramasso di Motorsport.com.

Maksudnya, wilayah depan makin menyatu dengan trek oleh tekanan winglet, beban ban belakang kian  bertambah. Saat berakselerasi, gripnya benar-benar terpakai untuk mendorong bobot kesuluruhan motor. “Michelin tindak akan lari dari tangggung jawab pada kinerja ban. Tapi kami juga harus mencari penyebabnya. Dari data, winglet salah satu sebabnya. Ya bisa juga malah dari karet itu sendiri,” tambah Taramasso.

Di saat sama muncul isu winglet akan minta dihapus di ronde 5 MotoGP di Le Mans. Tapi dibantah habis-habisa oleh pera penggunanya. Bahkan Andrea Dovizioso menyangkan isu-isu tersebut, lantaran semua merek telah memakai winglet saat ini. “Bicara hak paten winglet, Ducati yang memulai, tapi Ducati tidak mempersoalkan hal tersebut,” jelas Dovi.     

Direktur Teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli, memberi tanggapan tertulis pada Crash.net. “Mereka [produsen] tidak mengajukan proposal apapun di Jerez. Belum tahu apa yang akan terjadi sebelum Le Mans soal winglet. Untuk memastikan harus dibahas mendalam. Tidak ada komitmen resmi dari MSMA untuk mengajukan proposal winglet untuk Le Mans. Tidak adil menghapus winglet jika alasannya di luar keamanan,” tegas Cecchinelli.

Ban ya karet, winglet ya sayap. Ito 

BACA JUGA

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Arti Lirikan Rossi Pada Marquez Dan Lorenzo Di Atas Podium

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Nih Pemain Satelit Terbaik, Layak Gantikan Lorenzo Di Yamaha

MotoGP 2016 (Jelang): Tenaga Ducati Mampet Di Jerez, Di Le Mans Punya Harapan

MotoGP Lemans 2016 (Jelang): Rossi, Jerez Tempat Mengukur Diri Untuk Selanjutnya

MotoGP Lemas 2016 (Jelang): Pedrosa, Michelin Tak Bikin Menarik Balapan, Rossi Malah Memuji

 

BAGIKAN