nhk

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Marquez Sirkuit Stop And Go, Rem Pakem, Lalu Akselerasi

ManiakMotor – Kolo sudah sebut stop and go, artinya berhenti dan cabut. Henti-hentinya dan cabut-cabutnya motor, menjadi fokus pengembangan set-up di sirkuit Lemans, Prancis. Sirkuit sepanjang 4.2 km dengan 14 tikungan itu, tempat ronde 5 MotoGP 2016 yang berlangsung 8 Mei 2016.

Itu yang dipersiapkan Marc Marquez untuk masuk ke Le Mans. Dia sudah punya gambaran untuk menghadapi tantangan pengereman dan torsi yang dituntut dari sirkuit stop and go.  “Trek Le Mans menjadi keusakaan saya, meski harus siap untuk berurusan dengan banyak variabel. Lay-out-nya stop-and-go, banyak berubah mendadak lambat dengan pengereman pekem dan akselerasi kuat, itu sangat penting,” jelas Marquez selain soal cuaca yang tak menentu di Le Mans.

Marquez akan coba mendeteksi set-up yang dilakukan bersama timnya di Austin. Sebab, sirkuit di Amerika itu juga memilki tipikal rem dan gas. Perubahan dadakan dari kecepatan ke perlambatan dan ke percepatan dengan aksi akselerasi. Ah pokoknya gitulah. Di Austin, RC213V Marquez jauh lebih baik dari yang dia diharapkan. Semoga juga begitu di Le Mans. Amin…

Honda memang punya basis yang antep di gigi rendah untuk akselerasinya. Untuk melambatkan motor, ditopang oleh skill on dari Marquez yang terkenal boleh masuk tajam di tikungan ‘mati’.  “Tahun lalu suhu naik secara signifikan pada hari Minggu, saya sangat menderita dengan grip depan saat lomba,” kata Marquez. 

Wah tahun ini bisa lebih gawat dong. Tuh Michelin banyak diprotes yang belum beres-beres. Maklum lama hilang dari MotoGP dan kembali lagi, tentu masih mencari-cari konstruksi karetnya yang ngegrip  dan kaut, eh kuat. Apalagi stop and go yang komponnya akan terkuras oleh pengereman dan aksi akselerasi. Ito

BACA JUGA

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Ah… Ternyata Rossi Masih Muda Untuk Juara Seri

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Pol Espargaro ‘Mencaci’ Pabrikan Yamaha

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang); Iannone Yakin Jadi Kombinasi Mantap Dengan Lorenzo

MotoGP Le Mans 2016 Jelang; Sirkuit Hujanan, Tunggu Sesumbar Rossi

MotoGP Le Mans 2016: Empat Seri Lalu JL, MM Dan Rossi Masing-Masing Jadi Penguasa, Selanjutnya?

BAGIKAN