nhk

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Peluang Rossi Menang Beruntun, M1-Nya Mendukung

ManiakMotor – Kondisi terkini, Yamaha M1 punya kans di sirkuit Le Mans, Prancis. Sirkuit ini didominasi hairpins yang masih bisa mengalir. Juga gigi rendah yang diawali stabilitas pengereman. Paling penting lagi punya grip yang baik pada Michelin saat akselerasi dari gigi rendah.

Macam itulah yang  membuat M1 Valentino Rossi unggul di Jerez di saat lawannya kesulitan. Motornya enak menari dengan grip lebih baik ketimbang lawan. “Itu yang saya yakini Rossi bisa menang beruntung dari Jerez dan juga di Le Mans,” kata si pengamat MotoGP,  Matthew Birt dengan yakinnya.

Rossi tak pernah menang berturut-turut sejak di Assen pada 2009. Tapi melihat pede-nya tampil di Jerez, kans tersebut bisa dilakukannya di Le Mans. Sama dengan pernyataan Rossi usai menang di Jerez, bahwa dia di sana hanya mengukur diri sampai di mana kemampuannya? Sekarang itu telah terukur dengan juara tersebut. Nah alenea ini, bukan dari Birt bro, tapi dikombinasi dengan data yang ada.   

Ada lagi keyakninan Rossi yang yang lain. Walau kata Rossi sendiri belum tentu benar adanya, menang di Jerez akan ‘mudah’ menang di seri-seri Eropa selanjutanya, termasuk di Le Mans. “Juga didukung ketika dia di Ducati yang saat itu kesulitan, tapi masih bisa podium di Le Mans,” tambah Birt  yang panjang lebar opininya.

Maksud dia, dengan kondisi M1 seperti di Jerez dan dalam situasi Rossi dengan determinasi yang tinggi, dia boleh berharap banyak di Le Mans. Di Jerez, Rossi sejak awal lomba sudah berhasil memimpin. Artinya, situasi tersebut masih akan terbawa  sampai ke Le Mans yang selang dua minggu. Rossi terakhir juara di Le Mans pada 2008. Lalu, sebagian besar trek ini dikuasai oleh Jorge Lorenzo yang tahun lalu juga kampiun, masih dengan M1-nya. Ito

BACA JUGA

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Jam Terbang Rossi 177 Podium, Pedrosa 101 Dan Lorenzo 100

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Marquez Sirkuit Stop And Go, Rem Pakem, Lalu Akselerasi

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Ah… Ternyata Rossi Masih Muda Untuk Juara Seri

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Pol Espargaro ‘Mencaci’ Pabrikan Yamaha

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang); Iannone Yakin Jadi Kombinasi Mantap Dengan Lorenzo

BAGIKAN