nhk

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Pol Espargaro ‘Mencaci’ Pabrikan Yamaha

 

ManiakMotor – Suara dari Pol Espargaro untuk Yamaha Tech 3 ini memang tinggal tunggu waktu. Tim satelit dari Yamaha itu memang kelihatannya dicuekin. Maka wajar saja, Pol seperti memaki kondisi timnya menangani  M1-nya yang lelet empat seri berlalu. Di Le Mans minggu ini dia minta perhatian dari Yamaha pabrikan.  

Benaran Pol mengumpat walau mungkin memang dengan kalimat bercanda. Katanya, dia memaklumi pabrikan masih fokus pada motor utama mereka. “Dengan elektronik sekarang membutuhkan lebih banyak orang menanganinya. Sedang ban perlu pakai cara berbeda pada penyesuaian dengan motor. Tim kami tidak bisa memiliki 20 sdm untuk elektronik. Pantaslah motor  pabrik jauh lebih cepat. Sebaliknya,  tim satelit jauh lebih f***ked,” kata Pol dengan kesal membandingkan M1-nya dengan tahun sebelumnya.

Intinya Pol meminta  factory Yamaha lebih ‘pol’ memerhatikan tim Tech 3 yang saat ini sangat merana. Merana sekali, bahkan dibandingkan dengan tim satelit Ducati. Sangat timpang tim satelit Yamaha dan tim intinya. Pol mencontohkan saban finish selalu tertinggal jauh dari factory bikes Yamaha. Itu   macam dilakukan Valentino Rossi di Jerez si Pol tertinggal 30 detik.

Pol berada di posisi kelima di klasemen, hanya lantaran konsisten masuk finish alias menghindar jangan sampai jatuh. Soal kinerja motornya jauh dari harapannya. Dia lebih suka berada di posisi kesekian, asal motornya kompetitif. “Ketika ban yang digunakan di suhu trek tinggi dengan grip rendah, ini butuh motor yang sehat dengan setup yang luar biasa. Tapi dukungan untuk itu nggak ada dari pabrik. Saat lomba dilewati banyak pembalap, saya hanya bilang, SABAR..! Karena saya pasien tetap di posisi saat ini,” tambah Pol yang orang Spanyol tersebut.

Boleh jadi, Pol yang digaet pabrikan Yamaha sendiri pada 2014 dan dititipkan pada Tec 3 itu, rada dongkol. Kira-kiranya dia ogah dibandingkan dengan Mavarick Vinales dari Suzuki. Nama Vinales belakangan memang lebih favorit menggantikan Jorge Lorenzo di Yamaha, ketimbang Pol. Walau Suzuki lima tahun berhenti di MotoGP, tetap Vinales lebih dapat penanganan ketimbang dirinya di Tech 3. Ito 

BACA JUGA

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang); Iannone Yakin Jadi Kombinasi Mantap Dengan Lorenzo

MotoGP Le Mans 2016 Jelang; Sirkuit Hujanan, Tunggu Sesumbar Rossi

MotoGP Le Mans 2016: Empat Seri Lalu JL, MM Dan Rossi Masing-Masing Jadi Penguasa, Selanjutnya?

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Rossi Master Manajemen Ban, Punya Resep Kontrol Traksi

MotoGP Le Mans 2016: Isu Hangat Ban Dan Winglet, Saling Berkaitan Kah?

 

BAGIKAN