nhk

MotoGP Le Mans 2016 Jelang Race: Rossi Sudah Memaafkan Vinales Dan Pol, Penghalang Kualifikasi

ManiakMotor  – Penggunaan ban segar pertama, isyarat Valentino Rossi mampu bersama M1-nya saat kualifikasi.  Dia berada di posisi ke-3 di belakang Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone di Q2 tersebut. Bahkan bisa dipertajam di babak pertama itu, andai tidak menghindar saat Dani Pedrosa jatuh di depan jalurnya di sirkuit Le Mans, Prancis pada Sabtu 7 Mei 2016.

Tapi keadaan membuatnya hanya di grid ke-7. Catatan 1’32.829 yang didapatnya dengan ban pertama, nggak berkembang dengan ban segar kedua. “Lalu lintas di lintasan sangat sanga f**k, ramai. Saya terhalang dua pembalap pada lap yang berbeda. Di ban segar pertama saat menjalankan lap paling cepat, terpaksa menutup gas, karena Dani (Pedrossa) jatuh di depan saya,” kata Rossi yang tidak menyalahkan siapa-siapa.

Itu hanya salah strategi saja terjebak pada lintasan yang krodit. Di penggunaan ban kedua, usai keluar dari pit dan sejurus kemudian, dia makin dekat dengan Mavarick Vinales. Dia pun pasrah, karena Vinales juga sedang menjalankan waktunya. Jelas lebih cepat Rossi, kan tadinya Vinales lebih di depan dan terkejar. Lolos dari Vinales, sayang Rossi membuat kesalahan di R3.

Menjalani lap terakhir saat gentingnyaya, kembali dia mendapati di belakang Pol Espargaro. Ya sudah, memang harusnya begitu alias sabar di belakang Pol. “Untungnya motor berkembang dari sesi FP3 dan FP4. Juga bisa dilihat pada penggunaan ban pertama di kualifikasi, walaupun itu tidak sempurna. Juga saya melakukan beberapa kesalahan elementer saat Q2,” jelas Rossi sudah tak memasalahkan para penghalang di lintasan, karena itu kejadian biasa saja, termasuk gesturnya saat di jok M1 kurang suka pada Pol.  

Rossi juga menyinggung soal menajemen pengereman M1 di tikungan-tikungan tertentu muncul goyangan. Di area itu dia memuji rekan setimnya Jorge Lorenzo yang kuat menahan motornya. “Motor sudah kompetitif. Tapi, kalau di area itu, motor masih keburu diperbaiki, saya yakin bisa lebih sangat melawan. Tapi itu nggak apa-apa. Karena lomba berbeda dengan sesi-sesi yang lain. Sekarang tinggal mengatur strategi dari posisi ke-7 yang memang agak sulit dari baris ketiga,” pungkas Rossi yang masih ada pekerjaan rumah di sesi warm-up.

Yaitu, soal motornya yang masih ngebor alias bergoyang dendang saat dihentikan sembari menikung. Di beberapa sidut, itu yang jadi tuntutan sirkuit Le Mans. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis, Moto2, Moto3 Semua Sesi 6, 7 – 8 Mei 2016

MotoGP Le Mans 2016 Q2: Lorenzo Pole Position, Marquez Ke-2, Iannone Ke-3, Rossi ‘Berantakan’

MotoGP Le Mans 2016 FP4: Lorenzo Tercepat, Marquez Ke-2 Dan Rossi Ke-3, Anteng Motor Mereka

MotoGP Prancis 2016 FP3: Iannone Tercepat, Lorenzo Ke-2, Pol Ke-3, Rossi ke Mana?

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis, Moto2, Moto3 Semua Sesi 6, 7 – 8 Mei 2016

BAGIKAN