nhk

MotoGP Le Mans 2016 Jelang Race: Setup Awal M1 Lorenzo Sudah Kena, Rekor Pecah

ManiakMotor – Tepat pemikiran Jorge Lorezo dan para mekaniknya membawa set-up dasar ke Le Mans. Sejak sesi awal motornya anteng. Pekerjaan mereka untuk pengembangan motor sudah terarah. Tinggal sikit-sikit disetel makin laju, laju dan pecahin rekor sirkuit Le Mans, Prancis.

Hasilnya dia dewek alias Lorenzo seorang yang mencetak 1’31.975 di Q2 yang berlangsung Sabtu 7 Mei 2016. Itu catatan menggantikan yang 1’32.042 atas nama Marc Marquez pada 2014. “Dari awal latihan pertama hari Jumat, semuanya sudah berjalan sangat mantap. Setup dasarnya sudah kami miliki. Tinggal ditingkatkan sedikit demi sedikit pada detail-detail setiap sesi,” jelas Lorenzo.

Luar biasanya, pecahin rekor tersebut dengan aturan ECU seragam dan ban Michelin. Pakai ECU seragam dengan berbagai bawannya bersama ban Michelin diprediksi kecepatan akan selalu lebih lambat dari catatan sebelumnya. Nah itu sudah terjadi di empat seri lalu. Tapi di Le Mans dilewati Lorenzo. Kasih aplus dulu dong….

Sudah ketahuan stiap sesi dia yang berinisiatif mengubah catatan waktu makin cepat. Bahkan termasuk di sesi FP4 pakai setelan lomba dia pula yang berlari di bawah 1:33. Itu pun di FP4 menggunakan ban usang alias bekas pakai. Ban lama yang memang botak itu ada tujuannya. Ya untuk mendeteksi kinerjanya saat lomba yang diawali baru, tapi lama-lama aus komponnya. Lorenzo dengan 1:32 itu pakai ban lama dan konsisten.

Lorenzo memang bisa mengatasi masuk tikungan yang diawali menikung sikit motor akan bergoyang. Dia mampu menahan dan menekan suspensi depan agar tak berguncang seperti lawan dan kawan di area tersebut.  “Itu tetap dari setelan awal motor. Maka memungkinkan saya untuk menjaga kecepatan konstan,” pungkas Lorenzo yang tinggal membuktikannya pada lomba pada Minggu 8 Mei 2016.  

Kalau dilihat dari sebelumnya yang merajai setiap sesi, juga akan podium. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis, Moto2, Moto3 Semua Sesi 6, 7 – 8 Mei 2016

MotoGP Le Mans 2016 Jelang Race: Rossi Sudah Memaafkan Vinales Dan Pol, Penghalang Kualifikasi

MotoGP Le Mans 2016 Q2: Lorenzo Pole Position, Marquez Ke-2, Iannone Ke-3, Rossi ‘Berantakan’

MotoGP Le Mans 2016 FP4: Lorenzo Tercepat, Marquez Ke-2 Dan Rossi Ke-3, Anteng Motor Mereka

BAGIKAN