nhk

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Rossi Master Manajemen Ban, Punya Resep Kontrol Traksi

 

ManiakMotor – Rata-rata pembalap mengalami ban spin saat lomba di Jerez. Tapi  Rossi lah yang bisa memanajemen karetnya dalam situasi degradasi ban belakang Michelin yang sangat genting. Penyebab utamanya selain konstruksi Michelin bagian tengahnya kurang kuat saat berakselerasi motor tegak, juga suhu lintasan Jerez meningkat 10oC dari perkiraan awal saat lomba.

Bagi pengamat MotoGP yang opininya sering dimuat situs resmi MotoGP, Matthew Birt, itu karena Rossi menang pengalaman. “Rossi punya kekuatan alam sampai 37 tahun masih direken. Jam terbangnya di MotoGP sangat tinggi. Dengan pengalaman itu, dia bisa mengedalikan wheelspin dari pada pembalap lain,” kata Birt panjang lebar mengulas jalannya lomba di Jerez, tapi cukup difokuskan pada trik Rossi mengolah ban saat balap.

Jurus ini bisa dilapalnya karena kontrol traksi di MotoGP sekarang tak secanggih sebelumnya. Sebagian besarnya kontrolnya ada di pergelangan tangan kanan, memainkan selongsong gas. Nah kata Birt, Rossi juga pernah melewatinya dengan teknologi seperti sekarang. Berarti juga pengalaman mengatasi di lintasan yang tiba-tiba diserang roda spin tersebut.

Rossi telah menangani masalah wheelspin lebih baik dari para peserta untuk dapat drive. Isu roda berputar di tempat ini, beberapa pengendara merasa seperti melintasi aspal basah. “Bahkan Ramon Forcada (kepala kru Jorge Lorenzo) mengakui setelah memeriksa data, Rossi mampu mengatasi spin lebih cerdik,” tambah Birt menggambarkan pengalaman Rossi 87 kali menang di kelas para raja.

Pungkasnya, bahwa Rossi adalah master seni merawat ban dalam balapan. Itu masih kata Birt loh, bukan portal ini. Malah Birt membandingkan dengan gaya Lorenzo yang halus mengatasi kontrol traksi mutakhir, tapi gagal mengatasi spin. Berbeda dengan Rossi yang punya resep sendiri. Ito

BACA JUGA

MotoGP Le Mans 2016: Isu Hangat Ban Dan Winglet, Saling Berkaitan Kah?

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Arti Lirikan Rossi Pada Marquez Dan Lorenzo Di Atas Podium

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Nih Pemain Satelit Terbaik, Layak Gantikan Lorenzo Di Yamaha

MotoGP 2016 (Jelang): Tenaga Ducati Mampet Di Jerez, Di Le Mans Punya Harapan

MotoGP Lemans 2016 (Jelang): Rossi, Jerez Tempat Mengukur Diri Untuk Selanjutnya

 

BAGIKAN