nhk

MotoGP Le Mans 2016 Jelang; Sirkuit Hujanan, Tunggu Sesumbar Rossi

 

 


ManiakMotor – Sirkuit Le Mans diucap jadi Lemang, di negara Prancis. Tapi bila benar-benar dengan logat Prancis asli dengan lidah terkulum, bacanya LehMons. Minggu ini sejak 5  sampai 7 Mei sirkuit tersebut  akan digunakan  untuk ronde 5 MotoGP 2016.

Dari data terbaru, seharusnya Le Mans jadi tempat yang menarik. Pencetak rekor di sirkuit ini ada empat pembalap. Tiga di antaranya yang podium kemarin di Jerez. Top speednya Andrea Dovizioso yang tahun lalu podium ke-3 di sirkuit ini.

“Saya suka Le Mans bila kondisinya normal, tak hujan. Suhu aslinya adem,” kata Valentino Rossi yang tahun lalu kedua di sini. Tahun ini dia  pede dengan asumsi juara dari Jerez akan ‘mudah’ di trek Eropa lain, termasuk Le Mans.  Kira-kira macam dilakukan Jorge Lorenzo tahun lalu usai menang di Jerez, ditiga sirkuit berikutnya juga juara.

Le Mans memang tak jauh dari Jerez, hanya naik mobil pribadi dalam lima jam sudah sampe sampeyanMaksudnya, tipikalnya mirip-mirip Jerez dengan skill on dari joki dan jajaran mekaniknya. Panjang lintasan lurusnya  hampir sama dengan Jerez. Hanya tricky di ujung lurusnya, karena nggak benar-benar lurus. Harus diawali lengkungan ke kanan sebelum memangkas chicane. “Setahu saya, Le Mans punya karakter rem keras, otomatis butuh  akselerasi keras,” kata Maveric Vinales dari Suzuki.

Le Mans punya 14 tikungan, lima ke kiri dan sembilan ke kanan dalam jarak 4.2 km. Agak berbeda dengan Jerez yang lebar rata-rata lintasannya hanya 11 mm, Le Mans adalah 13 meter. Ada kans untuk mengembangkan tenaga sampai ke bibir lintasan. 

Le Mans terletak 5 kilometer selatan kota Le Mans dan 200 km barat daya Paris. Di sana, semua ngomong Prancis. Ya iyalah, sirkuit ini jadi tuan rumah MotoGP sejak akhir 60-an. Alberto Puig yang sekarang pemandu bakat di Asia Talent Cup pernah celaka fatal di sini, maka 1995 sampai 2000 sirkuitnya dibenahi dalam soal keamanan.

Le Mans  dikenal kota hujan dan tanahnya tersubur di Prancis. Kalau di sini seperti Bogor, Jabar. Untung dalam tiga tahun terakhir, Le Mans nggak hujan. Entalah tahun ini, belum bisa ditentukan karena itu urusan alam. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Le Mans 2016: Empat Seri Lalu JL, MM Dan Rossi Masing-Masing Jadi Penguasa, Selanjutnya?

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Rossi Master Manajemen Ban, Punya Resep Kontrol Traksi

MotoGP Le Mans 2016: Isu Hangat Ban Dan Winglet, Saling Berkaitan Kah?

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Arti Lirikan Rossi Pada Marquez Dan Lorenzo Di Atas Podium

BAGIKAN