nhk

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Urusan Pol Espargaro Jadi Panjang, Dibantah Bossnya

ManiakMotor  – Beberapa hari lalu, Pol Espargaro joki Yamaha Tech 3, meminta Yamaha lebih perduli pada timnya. Karena pabrikan Yamaha  juga bertanggung jawab pada tim satelitnya. Kata Pol dengan minimnya sumber daya manusianya, terjadi ketimpangan besar antara motor pabrik dan satelit. Lebih jelasnya baca ini: MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Pol Espargaro ‘Mencaci’ Pabrikan Yamaha.  

Langsung dibantah Herve Poncharal,  bos Tech 3. Intinya dia kurang sependapat dengan omongan si Pol yang menyudutkan Yamaha. “Tidak bisa dibiarkan yang dikatakan Espargaro tersebut. Itu tidak adil terhadap Yamaha dan mereka yang telah bekerja untuk tim,” jelas  Poncharal yang mengaku sudah biasa dengan tuntutan pembalap satelit minta fasilitas sama dengan pembalap pabrik.

Poncharal memang berkawajiban membantah dan meluruskan pendapat anak buahnya. Maklum, hidup tidaknya tim yang diasuhanya tergantung suplai teknologi dari Yamaha. Tech 3 jadi tim satelit yang jadi penunjang riset untuk pabrikan. Mungkin, berhubung masih serba baru seperti elektronik dan bawaannya, fokusnya masih di pabrikan.

Tapi soal elekronik itu yang banyak disentil si Pol yang timnya kekurangan orang menanganinya. Sementara, pabrikan tak membocorkan hasil olahan  mereka. Ini pun diluruskan.   “Setiap pembalap Tech 3 didampingi 3 mekanik dan satu insinyur dari Jepang. Jika Jorge  dan Valentino  atau tim Bradly (Smith) menemukan setelan elektronik yang ajaib, Espargaro juga akan mengetahuinya,” tambah Poncharal seperti diceritakannya di Motorsport.

Poncharal pun memberikan argumentasi kenapa motornya terlalu jauh terpaut dengan pabrik. Itu karena aturan baru pada elekronik dibanding tahun lalu. Soal mesin dan ban, sama. Mungkin yang berbeda adalah sasis yang sudah sepaket dengan suspensi. “Juga sayap. Tapi intinya, balap itu tak selalu mengandalkan motor,” tutup Poncharal sepertinya menyentil balik si Pol. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Berita Panas..! Pedrosa Gantikan Lorenzo Di Yamaha, Vinales DIpertahankan Suzuki

MotoGP Le Mans (2016): Lorenzo Punya Modal Besar Di Ronde 5

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Peluang Rossi Menang Beruntun, M1-Nya Mendukung

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Jam Terbang Rossi 177 Podium, Pedrosa 101 Dan Lorenzo 100

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Marquez Sirkuit Stop And Go, Rem Pakem, Lalu Akselerasi

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Ah… Ternyata Rossi Masih Muda Untuk Juara Seri

BAGIKAN