nhk

MotoGP Lemans 2015 Jelang: Suzuki Tingggal Lacak Kenyamanan Untuk Lomba

 

ManiakMotor – Tinggal seperti judul itu tuntutan Suzuki GSX-RR yang digeber Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. Jujur saja, nggak jujur juga bisa dilihat sendiri pada hasil empat seri lalu. Itu motor belum bisa membawa pembalapnya untuk konsisten saban lap dalam lomba yang banyak pusingannya.

GSX-RR masih banyak ‘becanda-nya’, masih sulit dipertahankan pada kecepatan sama sepanjang balapan. Beda kalau digeber balap sendiri-sendiri, Suzuki kadang melejit. Kan balap sendiri mencari time, joki bisa saja menguras skillnya dan sikit memaksa racing line. Saat lomba hal geetu ndak bisa digunakan. “Karena ini kami banyak menguji variasi set-up yang beragam, termasuk winglet,” papar Vinales soal tesnya di Jerez pada 25 April 2016 kemarin, Dia juga sembari bercerita  posisi ke-6-nya di lomba Jerez.

Lagi-lagi Vinales bisa ketiga tercepat saat tes Jerez itu. Posisi podium, kalau di lomba. Tapi kan tes bukan lomba. Seperti dibilang tadi, untuk balapan sendiri-sendiri memang laju. “Mesin banyak perkembangan. Tapi traksi dan sebagainya agar makin nyaman, masih butuh pekerjaan keras ke depan,” timpal Aleix  Espargaro yang di sesi latihan saat lomba di Jerez juga kencang.   

Tapi namanya motor sudah mulai laju di single lap, itu tanda-tanda ada progress. Kan yang dilacak tinggal kenyamanan motor, agar pembalapnya kecang saban lap. Bisa mengimbangi Honda dan Yamaha. Apalagi posisi Suzuki saat ini macam di Jerez tinggal di belakang Yamaha dan Honda. Malah Aleix bersaing dengan edrosa berebut ke-4, walau akhirnya hanya ke-lima.

Penutupnya Vinales bercerita soal winglet yang pertama digunakannya saat tes Jerez. Baginya memang dalam keadaan tertentu ada manfaatnya. “Tapi yang lebih penting traksi ban yang bagus dan rata yang kami lacak. Sekali lagi, traksi ini sangat berguna di Lemans yang punya tipikal pengereman kuat, otomatis pakai akselerasi kuat juga. Di situ dibutuhkan traksi yang baik,” tutup Vinales.

Jangan lupa soal motor yang enak di lomba yang panjang. MM  

BACA JUGA

MotoGP Lemans 2016 Jelang: Karena Ini Lorenzo Nggak Sudi Kedua, Di Belakang Rossi Di Jerez

MotoGP 2016: Aksi Nicolo Bulega (Moto3) Di Mata Rossi, Mirip Marco Simoncelli

MotoGP Tes Jerez 2016: Rossi Uji M1 2016, Tetap Akan Pakai Tangki Bahan Bakar Standar

MotoGP Tes Jerez 2016: Marquez Tercepat Dengan Winglet 6 Susun, Rossi Ke-4 M1 2016

MotoGP 2016 Jerez (Pasca Race): Rossi-Lorenzo Sama Bermasalah Ban, Kenapa Lorenzo Lebih Sewot

BAGIKAN